Penting Peran Ulama Bagi Kota Bandung

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Wali Kota Bandung Yana Mulyana menekankan peran penting ulama dan umara dalam pembangunan Kota Bandung ke arah yang lebih baik. Menurutnya, kemajuan Kota Bandung tidak dapat teraih tanpa adanya ikatan ukhwah yang baik antara pemerintah dengan para ulama dan umara.
“Tanpa silaturahmi dan kerja sama, kita tidak mungkin bisa membangun Kota Bandung sampai saat ini. Kita harus terus menjalin kerja sama dalam ikhtiar membangun Kota Bandung yang sudah baik menjadi lebih baik lagi ke depannya,” ucap Yana.

Dalam kesempatan yang berbeda, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga mendorong peran masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, baik kegiatan sosial maupun keagamaan. Menurutnya, masjid dapat menjadi sarana untuk pengembangan masyarakat sekaligus penguat upaya pembangunan Kota Bandung sebagai kota religius.

“Alhamdulillah luar biasa, semoga menjadi pusat keagamaan di wilayah ini mewujudkan Bandung agamis,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Faridl mengajak seluruh umat Muslim untuk memaksimalkan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, baik secara jasmani dan rohani. Dia juga meminta masyarakat untuk bersama menghidupkan kegiatan di masjid-masjid.

“Nabi menyampaikan, bergembiralah kalian karena akan bertemu dengan bulan paling berkah. Di saat setiap kebajikan mendapat pahala yang paling besar dibandingkan dengan bulan-bulan sebelum Ramadan,” jelas Miftah.
Pahala beramal di bulan Ramadan akan digandakan sebanyak 70 kali lipat jika dibandingkan dengan ibadah yang sama pada bulan selain Ramadan, paparnya. Ia juga menggarisbawahi jika ibadah saum yang dilakukan saat Ramadan bukan hanya berbicara tentang menahan lapar dan haus, namun, juga menjadi ladang amal yang perlu dioptimalkan.

“Puasa yang berkualitas itu selain kita melakukan syarat sah puasa untuk mendapatkan pahala, juga mampu menghadirkan perubahan dalam diri kita. Supaya kita menjadi orang yang lebih bertakwa,” paparnya.
Dia juga menjelaskan, tolak ukur puasa yang berkualitas biasanya akan terlihat setelah saum berakhir, dimana akan terlihat ada atau tidaknya peningkatan ketakwaan dalam diri seorang muslim.
“Di dalamnya ada muatan peningkatan kualitas dan moral. Mencegah perbuatan jahat dan mungkar. Salah satu hasil dari ibadah saum itu adalah jujur karena ini merupakan amalan yang paling sulit,” sambungnya.

KUTIPAN berita di atas saya lansir dari laman REPUBLIKA, edisi Jumat, 17 Maret 2023 lalu.
Sedangkan berita terbaru, Walikota Bandung Yana Mulyana Kena OTT KPK.
Bersama sembilan orang lainnya, termasuk pejabat Dinas Perhubungan Kota Bandung, dengan bukti uang ratusan juta rupiah, terkait dugaan suap program Bandung Smart City. Dugaan suap mencapai miliaran rupiah, namun dalam OTT diddapat ada barang bukti ratusan juta, jelas Ali Fikri.

Yana Mulyana, ditangkap KPK, Jumat (14/4) atas dugaan menerima suap atas pengadaan barang dan jasa, yakni CCTV serta penyedia jaringan internet. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, membenarkan berita itu.
Haji Yana Mulyana SE., ME merupakan kader Partai Gerindra di Pilkada Bandung 2018, maju sebagai Wakil Walikota berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun Oded meninggal dunia pada 10 Desember 2021 karena serangan jantung, sehingga Yana naik posisinya sebagai Walikota pengganti.
Yana Mulyana dilantik untuk sisa masa jabatan periode 2018-2023, di Gedung Sate, Senin (18/4) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti rekomendasi Kemendagri lewat surat bernomor 131.32/2611/OTDA, Senin 11 April 2022 lalu.
Sebelum menggeluti dunia politik, ayah dua anak ini merupakan seorang pendiri dari stasiun radio Rase FM. Sukses dengan Rase FM, Yana kemudian berkiprah sebagai pengusaha serta memimpin sejumlah organisasi Ketua PSSI Kota Bandung dan REI (Real Estate Indonesia) Jawa Barat.

Lahir di Bandung 17 Februari 1965, putra dari Alm Letjen TNI (Purn.) H. Soepardjo bin Redjoprawiro Yana merupakan alumni Fak Teknik Sipil dari Universitas Pasundan dan Magister Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada.
Sebelum terjun ke politik, aktif dalam beberapa organisasi, di antaranya Ikatan Ahli Teknik Indonesia (IATI), Bendahara KNPI Jabar, Wakil Ketua HIPMI Jabar, Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar.
Suami dari Hj. Yunimar ini juga pernah menjadi Ketua Taekwondo Jawa Barat, Ketua PSSI Kota Bandung, Ketua IKA SMAN 5 Bandung, Ketua Komite Sekolah SMAN 5 Bandung, serta Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan TNI-Polri Indonesia (FKPPI).

Saat ini para terduga OTT KPK sudah berada di Gedung Merah Putih KPK di Jakarta. Yana dan beberapa orang lainnya saat ini masih menjalani pemeriksaan.
Seluruh pihak saat ini masih berstatus terperiksa dan statusnya bakal ditentukan usai pemeriksaan 1×24 jam.
Jemaah Fesbukiyah yng Mulia, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 444 H. Sesungguhnya segala kebajikan pahala di bulan Ramadhan mendapat imbalan berlipat-lipat dari Allah Subhana wa ta’ala. Bahkan 70 kali lipat.
Dengan terus menjalin dan memperkuat silaturahmi di antara Ulama dan Umara, semoga terwujud Kota Bandung yang Semakin Agamis. Amin, Amin, Amin ya Roball alamin. ***https://web.facebook.com/photo?fbid=760894752196530&set=pcb.760894825529856. Dimas

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *