Irjen. FIRMAN

Irjen Firman: Kelelahan Fisik Saat Mengemudi Salah Satu Faktor Terjadinya Kecelakaan

Comment
X
Share

POSKOTA.CO–Kelelahan fisik karena mengemudi terlalu jauh pada malam hari menjadi salah satu faktor timbulnya kecelakaan lalu lintas. Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk menjaga dan memperhatikan kondisi fisik.

Salah satu solusi agar stamina tetap fit selama berkendaraan jarak jauh, beristirahat tidak memaksakan diri mengemudi dalam kondisi mengantuk. “Tingkat kelemahan sangat tinggi,” kata Irjen Firman, Selasa (18/4/2023).

Salah satu solusi agar stamina tetap fit menurut Irjen Firman, selama berkendaraan jarak jauh tidak perlu memaksakan diri mengemudi dalam kondisi mengantuk. Sebab, kata Firman, pengemudi bermain dengan hitungan detik, kecelakaan bisa terjadi sewaktu-waktu.

Dicontohkan Irjen Firman, jika seorang pengemudi tiba-tiba kehilangan kesadaran karena mengantuk, hanya dalam hitungan detik dapat terjadi kesalahan dalam mengemudi, entah mobil berhenti tiba-tiba, atau pengemudi lain masuk lajur secara tiba-tiba dan sebagainya.

Jenderal bintang dua itu menyarankan kepada pemudik untuk membawa sopir cadangan. Jika tidak ada, diimbau untuk berhenti dan beristirahat di rest area yang telah disediakan.

Untuk pengemudi profesional, mengendarai kendaraan dalam kondisi normal dianjurkan selama 4 jam. Akan tetapi, untuk di luar kategori itu, batas waktu 2 jam sampai 3 jam, perlu berhenti dan beristirahat.(Omi)

Teks foto: Irjen Firman Shantyabudi

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *