Pj. Gubernur DKI: Kebutuhan 9 Bahan Pokok di DKI Jelang Lebaran Tercukupi

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Dalam rangka memastikan ketersediaan pangan berupa daging sapi dan daging ayam menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pj. Gubernur DKI Jakarta melakukan monitoring ke Perumda Dharma Jaya pada tanggal 18 April 2023. Pada kegiatan ini Pj. Gubernur DKI Jakarta didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta dan Direktur Utama Perumda Dharma Jaya.

Pada kesempatan ini, Pj. Gubernur DKI Jakarta meninjau gudang penyimpanan berupa cold storage (ruang berpendingin) dan meat shop (toko daging) yang dikelola oleh Perumda Dharma Jaya. Menjelang Idul Fitri terjadi peningkatan kebutuhan daging sapi dan daging ayam oleh masyarakat. Kebutuhan daging sapi menjelang Idul Fitri bila dibandingkan dengan kebutuhan bulan normal mengalami kenaikan 14,43% atau sebesar 1.003 ton dari 6.952 ton menjadi 7.955 ton, sementara kebutuhan daging ayam menjelang Idul Fitri bila dibandingkan dengan kebutuhan bulan normal mengalami kenaikan 7,79% atau sebesar 1.012 ton dari 13.004 ton menjadi 14.016 ton.

Berdasarkan pemantau harga yang dilakukan, secara umum harga daging sapi tingkat eceran di Provinsi DKI relatif stabil selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri meskipun mengalami sedikit kenaikan harga sebesar 0,10% pada antar minggu dan 0,23% antar bulannya. Sedangkan harga daging ayam cenderung mengalami sedikit penurunan harga. Namun demikian, kenaikan harga yang terjadi masih dalam kondisi wajar seiring dengan meningkatnya permintaan.

Untuk menstabilkan harga daging sapi dan daging ayam Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Dharma Jaya melakukan beberapa upaya antara lain:
a. Menjaga pasokan dengan cara bekerjasama dengan peternak dan asosiasi perdagingan.
b. Menyediakan dan mendistribusikan daging sapi dan daging ayam melalui program Pangan Bersubsidi Bagi Masyarakat Tertentu. Harga pangan pada program tersebut adalah Rp. 35.000,-/kg untuk daging sapi dan Rp. 8.000,-/kg untuk daging ayam.
b. Melakukan pendistribusian daging melalui meat shop Dharma Jaya, toko online, mobil pangan keliling dan retail modern
c. Memperpanjang jam operasional Rumah Potong Hewan.

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *