Banjir Bandang Terjang Objek Wisata di Sibolangit, Ini Penyebabnya

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Banjir bandang menerjang kawasan objek wisata di kawasan Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (30/4/2023).

Kepala BPBD Deli Serdang Amos F Karo-karo membenarkan terjadinya banjir bandang di kawasan Kecamatan Sibolangit.
“Bandang, air (sungai) naik kiriman dari Berastagi (Kabupaten Karo),” katanya dikonfirmasi awakmedia ini

Amos mengatakan BPBD Deli Serdang yang mendapat informasi berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengevakuasi pengunjung agar segera meninggalkan sungai.”Di lokasi pemandian udah kita kasih tahu sekitar satu jam yang lalu, supaya naik (mengevakuasi),” jelasnya.

Penyebab banjir bandang ini karena hujan deras yang terjadi di wilayah pegunungan di Kabupaten Karo.
“Mengingat di Berastagi masih hujan diperkirakan debit air belum turun,” ungkapnya.

Di kawasan Berastagi, kata Amos, air sungai sudah meluap hingga ke jalan raya. Masyarakat yang hendak berpergian dari Medan menuju Berastagi ataupun arah sebaliknya diharap untuk berhati-hati.

Begitu juga dengan masyarakat pengunjung objek wisata alam di Deli Serdang-Karo agar mewaspadai kondisi ini.”Di Deli Serdang ini banyak lokasi wisata alam wisata air kita imbau masyarakat untuk waspada lah dan perhatikan dari petugas kita di lapangan kalau sudah di suruh naik. Karena air ini tiba-tiba,” ujarnya.

BPBD Deli Serdang saat ini masih bersiaga di sekitar lokasi terdampak bandang, belum ada laporan apakah musibah ini mengakibatkan korban jiwa atau tidak.

Sementara masyarakat yang berada di lokasi obyek wisata di Sungai Sembahe, Kecamatan Sibolangit, juga merekam detik-detik mengerikan banjir bandang menerjang.

Dalam video terlihat debit air sungai mengalami kenaikan tinggi, arusnya sangat deras berwarna keruh coklat. Dalam video juga terlihat adanya satu unit mobil minibus hanyut terseret arus.S.Hadi Purba

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *