Gandeng Komunitas Pedagang Kue, Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Roti Boy di Jakarta Pusat

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Ibu-ibu pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Mak Ganjar berkomitmen terus memberdayakan perempuan dengan meningkatkan kemampuan mereka, salah satunya di bidang kuliner, untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Kali ini, Mak Ganjar DKI Jakarta menggelar pelatihan pembuatan roti boy dan Korean garlic cheese bertema Baking Class di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (7/5/2023).

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar DKI Jakarta Evy Nafisah menyatakan pihaknya menggandeng komunitas pedagang kue setempat untuk menghelat pelatihan tersebut. “Hari ini, kami berkolaborasi dengan komunitas pedagang kue untuk mengadakan pelatihan pembuatan roti,” ungkapnya di sela-sela pelatihan yang diikuti sekitar 150 peserta tersebut.

Evy mengatakan para peserta yang hadir mayoritas adalah pedagang kuliner, termasuk kue dan roti. Menurut dia, ibu-ibu tersebut ingin terus berkreasi dan meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat roti boy dan korean garlic cheese. “Rata-rata para peserta ini penjual makanan dan ingin belajar meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat roti,” ucapnya.

Karena itu, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut mendatangkan chef yang ahli membuat roti. “Kami juga mendatangkan chef untuk memberikan pelatihan ini agar kemampuan ibu-ibu dalam membuat roti di sini bertambah,” ucapnya.

Evy menjelaskan banyak manfaat yang didapatkan para peserta dari pelatihan yang didapatkan ini. Selain menambah skill dalam membuat roti boy dan korean garlic chesee, ibu-ibu bisa mempraktikkan di rumah dan dijual untuk menambah penghasilan.

“Supaya menambah penghasilan ibu-ibu yang mayoritas pedagang. Rata-rata ibu-ibu di sini bisa buat roti, tapi bagaimana membuat roti dan kue yang berkualitas.
Semua mak-mak intinya untuk membantu perekonomian dalam rumah tangga mereka,” ujarnya.

Evy menilai peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, ibu-ibu yang hadir melebihi ekspektasi. “Saya rasa sangat luar biasa karena yang datang melebihi ekspektasi. Target kami awal 50 orang, ternyata yang datang hingga 150 orang,” katanya.

Setelah kegiatan ini, Mak Ganjar akan terus menebar kebaikan dan kebermanfaatkan bagi masyarakat, khususnya warga kecil. Misalnya, membagikan 25 ribu pohon cabai di permukiman padat penduduk.

“Kami berencana terus menelusuri gang-gang di wilayah Jakarta untuk membagikan 25.000 pohon cabai, terutama permukiman padat. Kemudian, kami juga terus memperhatikan masyarakat kecil, itu yang penting,” katanya.

Selain itu, pihaknya tak henti-henti menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo Presiden 2024. “Jelas kami ada tiga program inti, pertama silaturahmi, pendidikan politik, dan pelatihan keterampilan,” ujarnya.

Sementara itu, Eti Herlina, 51, peserta pelatihan pembuatan roti boy dan Korean garlic cheese, sangat antusias mengukuti jalannya pelatihan dari mulai membuat adonan roti, membuat topping roti, hingga menaruhnya ke oven.

Dia juga berharap, melalui pelatihan ini, UMKM di daerah tersebut semakin bertumbuh dan kreativitas ibu-ibu makin meningkat. “Saya merasa senang ikut pelatihan pembuatan roti ini. Memacu ke UMKM supaya ibu-ibu bisa terus berkreasi di samping mengurus rumah tangga dan suami,” ungkapnya.

Perempuan yang aktif melakukan senam ini menilai banyak manfaat yang bisa diambil dari pelatihan membuat roti itu. Misalnya, menambah penghasilan keluarga. “Kita bisa usaha bantu-bantu penghasilan. Kami terima kasih banget program Mak Ganjar Ini. Pak Ganjar di hati,” katanya.

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *