ilustrasi

Keuangan Islam Memasuki Pasar Rusia

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Pasar baru dapat terbuka untuk dunia Islam. Kartu debit pertama dan cabang bank yang sesuai dengan aturan syariah telah muncul di Rusia, tetapi masih dalam tahap percobaan. Namun dalam waktu dekat, mungkin akan ada introduksi dan pengembangan mekanisme pembiayaan Islam dalam skala besar di Rusia.
Topik ini akan menjadi salah satu yang utama di Forum Ekonomi Internasional XIV “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” 2023. Forum akan diadakan pada tanggal 18-19 Mei di kota Kazan, Rusia dengan partisipasi wakil dari 77 negara.

Para ahli mencatat minat yang meningkat terhadap keuangan Islam dan investasi di Rusia. Rusia adalah tempat di mana lebih dari 20 juta orang Muslim tinggal. KazanForum memberikan dukungan strategis bagi perusahaan Rusia dan perusahaan asing terbesar dalam mengembangkan mekanisme pembiayaan Islam. Sebagai hasil diskusi para ahli pada KazanForum tahun 2022, diputuskan untuk melakukan peluncuran uji coba dan pengaturan hukum mekanisme pembiayaan mitra di beberapa wilayah di Rusia.

RUU tentang itu telah diajukan ke Parlemen Rusia, yang didukung oleh Kementerian Keuangan dan Bank Sentral Federasi Rusia. Sebagai hasilnya, Bank Ak Bars memperkenalkan kartu debit Islam pertamanya di Rusia dan kartu debit itu didasarkan pada sistem pembayaran “Mir”, sementara bank terkemuka Rusia “Sber” membuka kantor pendanaan Islam di ibu kota Republik Tatarstan, Kazan, dengan kemampuan untuk memperoleh hipotek Islam. Ini adalah cabang bank pertama di wilayah Federasi Rusia yang dibuat sesuai dengan semua aturan syariah.

Berdasarkan pengalaman Rusia dan luar negeri, peserta KazanForum 2023 (termasuk wakil dari parlemen, pemerintah, dan Bank Sentral Rusia) akan membahas prospek untuk memperluas proyek tersebut ke daerah lain di Rusia dengan regulasi hukum yang lengkap untuk jenis bisnis ini. Di sesi-sesi KazanForum ini, wakil dari lembaga pemerintah dan komunitas ahli negara-negara Organisasi Kerjasama Islam akan memberikan presentasi. Mereka akan membahas kemungkinan adaptasi pengalaman negara-negara Islam dalam pengembangan pasar keuangan Islam.

Wakil bisnis dan perbankan Islam yang tertarik dalam pengembangan proyek kemitraan di Rusia akan ikut serta dalam serangkaian sesi mengenai topik “Keuangan Islam”. KazanForum 2023 akan menjadi kesempatan yang baik untuk pengusaha agar menemukan mitra perdagangan, keuangan, dan teknologi, memasuki pasar baru, dan menarik investasi.

Para ahli juga akan membahas teknologi keuangan, tren, dan fitur dari pembiayaan Islam; pengembangan pasar aset keuangan digital; serta penyelenggaraan kursus keuangan Islam. Program pendidikan akan dipresentasikan oleh bank Rusia “Sber” bersama Organisasi Akuntansi dan Audit Institusi Keuangan Islam (AAOIFI) yang menetapkan standar operasi pembiayaan Islam untuk lembaga keuangan Islam di seluruh dunia.

Dalam rangka topik “Keuangan Islam” pada KazanForum 2023, akan diadakan permainan interaktif bisnis yang dikembangkan oleh para ahli di bidang ekonomi dan spesialis dari Institut Islam Rusia. Peserta akan dapat memperoleh dan menunjukkan pengalaman praktis dalam bidang bisnis, investasi, dan meningkatkan literasi keuangan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pemenang dan runner-up turnamen akan mendapatkan hadiah.

Informasi umum:
Forum ekonomi internasional «Rusia – Dunia Islam: KazanForum» adalah acara yang penting untuk interaksi usaha di antara Rusia dan negeri-negeri dunia Islam. Tujuan forum ini adalah perkuatan hubungan di bidang ekonomi, dagang, ilmiah, teknis, pendidikan, sosial, dan budaya di antara berbagai daerah Rusia dan negeri-negeri Organisasi Kerjasama Islam dengan 57 negara anggotanya.

Forum ekonomi internasional «Rusia – Dunia Islam: KazanForum» ХIV akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 Mei tahun 2023 (pada tanggal 18-19 Mei ada program usaha, pada tanggal 20-21 ada program budaya). Lokasi acara ini: Federasi Rusia, Republik Tatarstan, kota Kazan, Balai pameran internasional «Kazan Ekspo».

Program KazanForum 2023 mencakup sekitar dua ratus acara, termasuk lebih dari 140 sesi. Topik diskusi untuk pakar: keuangan Islam, industri Halal, kerjasama internasional, logistik, industri, pembangunan berkelanjutan dan ESG, teknologi IT, inovasi, investasi, kewirausahaan untuk pemuda, UMKM, perspektif wanita, pendidikan, kedokteran, olahraga dan banyak lagi. Informasi lebih lanjut tentang program ini dapat dilihat di situs web Forum ini: https://kazanforum.ru/en/ Polina Simonik

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *