Aksi Cepat TNI AL Selamatkan Korban Kapal Terbakar di Muara Barito

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Unsur TNI Angkatan Laut, KRI Escolar-871 yang berada dibawah komando Koarmada II berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) Self Propelled Oil Barge (SPOB) Ratu Yamani yang mengalami kebakaran pada bagian Haluan, berlokasi di area lego Muara Barito, Rabu (12/07), lebih tepatnya di area Labuh Taboneo, Banjarmasin.

Kapal SPOB Ratu Yamani milik PT Barokah Perkasa Group ini bermuatan 5.000 kiloliter bahan bakar jenis pertalite dan pertamax, dengan jumlah ABK sebanyak 12 personel yang seluruhnya saat ini dapat diselamatkan.

Peristiwa berawal saat KRI Escolar-871 yang sedang melaksanakan patroli di wilayah perairan tersebut mendengar ledakan yang berasal dari buritan lambung kiri kapal. Kemudian pengawas kapal melaporkan bahwa terlihat kapal terbakar, setelah dilihat melalui radar, kapal tersebut berjarak 3 nautical mile dari posisi KRI.

Tak selang lama, terjadi ledakan kedua yang berasal dari bagian haluan kapal SPOB tersebut, selanjutnya Prajurit TNI AL dari KRI Escolar-871 segera mendekat menuju kapal SPOB dan berhasil melaksanakan evakuasi 12 personel ABK kapal SPOB Ratu Yamani dengan aman dan selamat. Hingga berita ini diturunkan, para ABK SPOB Ratu Yamani yang selamat berada di KRI Escolar-871, menunggu penjemputan dari pihak perusahaan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali sangat mengapresiasi atas aksi cepat tanggap para jajaran TNI AL dalam menjalankan tugas dan menyampaikan untuk terus meningkatkan kesiapan dan kesiagaan yang tinggi terhadap informasi yang diterima, dalam hal ini memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan kehadiran unsur maupun personel TNI AL.

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *