Panen Raya Padi Musim Gadu, Bupati Purwakarta Klaim Surplus Pangan

Comment
X
Share

POSKOTA.CO – Pelaksanaan panen raya padi musim tanam gadu tahun 2023 di Kabupaten Purwakarta berlangsung sukses dan semarak.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memimimpin langsung pelaksanaan panen raya yang dipusatkan di Desa Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa. “Panen raya musim tanam gadu (musim kering) tahun ini semakin meningkatkan kapasitas produksi beras, sekaligus memantapkan Kabupaten Purwakarta sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang selalu mengalami surplus pangan.” Ujar Bupati Anne pada media, Senin (17/7/2023)

Data Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Purwakarta menyebutkan, proyeksi panen raya Juli dan Agustus nanti akan menghasilkan produksi padi sebanyak 52.336 ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan 33.552 ton beras.

Proyeksi angka produksi padi Juli-Agustus itu dihasilkan dari areal persawahan seluas 9.801 hektar.

Dengan angka sebesar itu, maka total produksi padi Kabupaten Purwakarta sepanjang Januari-Agustus nanti akan mencapai 197.720 ribu ton GKG, atau mencapai 81,5 persen dari total target produksi tahun 2023 sebanyak 242.514 ton GKG.
“Keberhasilan panen raya menghasilkan produktifitas padi yang sangat tinggi itu sekaligus memastikan Kabupaten Purwakarta mengalami surplus pangan.” Pungkas Bupati Purwakarta.

Data Dispangtan Purwakarta menyebutkan, angka kebutuhan beras masyarakat Purwakarta per tahun mencapai 87.447,6 ton. Dibandingkan dengan angka produksi beras yang tinggi, maka kebutuhan beras masyarakat sangat terpenuhi bahkan berlebih atau mengalami surplus.(fuljo/Yosep)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *