Hj. Umi Zahrok, Kelangkaan Pupuk Masih Dikeluhkan Petani, Gus Muhaimin, Perlu Revolusi Pupuk

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – PETANI masih menghadapi situasi yang susah, bukan hanya menghadapi tanamannya diserang hama atau pun penyakit, namun juga menghadapi kelangkaan pupuk bersubsidi yang kini menjadi barang yang langka. Kondisi ini selalu muncul “ Curhat dan keluhan Petani “ disetiap acara reses di daerah berbasis petani kata Hj. Umi Zahrok anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur.

Sebagaimanan Acara Serap Aspirasi / Reses Hj. Umi Zahrok M.Si Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, di Desa Banyuputih Kecamatan Jatiroto Kab. Lumajang (16 Juli 2023) terungkap keluhan dari Bapak Ahmad dari desa Denok Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang “ kelangkaan pupuk mohon ada solusinya “ dan Bapak Ali dari Desa Rowokangkung mengeluhkan hal yang sama “ sulitnya pupuk dan irigasi “

“ Sulitnya petani memperoleh pupuk bersubsidi bahkan terbebani dengan kelangkaan pupuk tersebut. “Pemerintah harus memperhatikan ini “ kata Hj. Umi Zahrok.

Hj.Umi Zahrok

Jauh-jauh hari sudah jadi perhatian serius Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra bahwa Perlunya Revolusi Pupuk, karena pupuk menjadi beban para petani kita, kata Gus Muhaimin saat menghadiri rembuk petani karet dan cabe di Desa Margo Kencono, Tulang Bawang Barat, Lampung, Kamis (13/10/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku sangat prihatin melihat derita petani saat ini. Di satu sisi mereka dituntut untuk produktif demi menjaga stabilitas pangan nasional, tapi di sisi lain pupuk sebagai penyubur tanaman justru sulit didapat.

Diperparah lagi dengan rantai jual produk pertanian yang rumit. Menurut Muhaimin, saat produksi pertanian yang dihasilkan bagus namun harga jualnya amat sangat murah yang berimbas pada minimnya kesejahteraan petani. Dari produksi dihasilkan bagus dijualnya dengan sangat murah, hal ini sudah diperingatkan Gus Muhaimin jauh-jauh hari.

Namun demikian, kata Hj. Umi Zahrok politisi perempuan dapil Jember – Lumajang segala upaya sudah dilakukan dan pemerintahlah yang bisa memperbaiki jalur distribusi pupuk tidak sampai langka.(mak)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *