Kapolda Suwondo Beri Pujian, Wilayah Gunungkidul Tak Ada Kasus Kejahatan Jalanan Anak

Comment
X
Share

Poskota.tv–Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan memberikan pujian terhadap wilayah Gunungkidul. Di sana tidak ada kasus klitih atau kejahatan jalanan yang melibatkan anak-anak. 

Hal ini disampaikan saat melakukan kegiatan Jumat Curhat di Resto Warnasari di Kalurahan Gedangrejo, Karangmojo pada Jumat (1/92023). “Alhamdulillah di Gunungkidul tidak ada. Harus dipertahankan, namun jangan sampai terlena,” kata Irjen Suwono. 

Klitih memang tidak ada dalam bahasa hukum. Keberadannya merupakan istilah yang berkembang di masyarakat untuk merepresentasikan adanya kejahatan jalan yang dilakukan anak-anak.

“Jangan dipakai lagi. Yang benar adalah kejahatan jalanan anak dan rata-rata pelakunya masih di bawah umur,” ujar Kapolda Suwondo. Geng kejahatan jalanan anak sudah ada sejak 2007 lalu hingga sekarang masih eksis. Untuk menangkal aksi ini, masyarakat diminta berparisipasi.

Salah satunya dengan menggerakan kegiatan Ibu Memanggil. Program yang digagas Kapolda Suwondo dijalankan oleh setiap keluarga dengan membangun komunkasi yang baik dengan anak-anak.

Diharapkan dengan adanya hubungan tersebut, maka anak tidak tergantung kepada gawai sehingga bisa berinteraksi dan membangun kedekatan dalam keluarga. Suwondo mengakui, program Ibu Memanggil tidak akan berhasil tanpa partisipasi dari masyarakat.

“Kerja sama seluruh pihak dari pemerintah kalurahan hingga tokoh masyarakat. Mari bersama-sama menyelamatkan generasi penerus bangsa dari salah peraulan yang mengarah ke tindak kriminal,” katanya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, akan terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan di masyarakat. berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya dengan menggelar operasi cipta kondisi di masayrakat.

Ia menginstruksikan seluruh polsek terus melakukan patroli pengawasan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah aksi kejahatan jalanan sehingga keamanan di wilayah masing-masing tetap terjaga.

“Tidak boleh terlena dan kondisi kamtibmas harus benar-benar dijaga,” katanya.

Meski demikian, ia mengakui untuk kamtibas juga dibutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat. Salah satunya dengan menggalakkan sistem keamanan lingkungan.

“Adanya kolaborasi yang baik, maka upaya menjaga keamanan wilayah akan semakin optimal,” pungkasnya. (Omi)

Teks foto: Irjen Suwondo Nainggolan bersama seorang warga peserta Jumat Curhat

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *