Polda DIY Latih 20 Anak  Muda Jadi Barista Handal 

Comment
X
Share

Poskora.tv–Polda DIY melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar pelatihan barista untuk 20 anak muda di Yogyakarta. Mereka dipilih karena belum memiliki pekerjaan dan nantinya akan langsung disalurkan ke beberapa kafe kopi untuk berkarya sebagai peracik kopi berkualitas.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan memantau secara langsung pelatihan yang dipusatkan di LPP Garden, Senin (4/9/2023).

Kapolda mengikuti tahapan yang dilakukan para peserta mulai materi teori, hingga melihat langsung mesin-mesin yang digunakan untuk melatih para peserta.

“Ini semua sangat terkait tugas kami menjaga kamtibmas. Salah satu indikatornya bila ekonomi meningkat maka keamanan tercipta, salah satunya ketika masyarakat punya pekerjaan,” ujar Suwondo.

Selanjutnya, Kepala Biro SDM Polda DIY Kombes Pol Nanang Djunaedi mengusulkan bagaimana membuat pelatihan barista.

“Kami membuat pelatihan barista dan menyalurkan mereka ke tempat kerja. Ini sangat baik dan kami dukung,” ucapnya.

“Bagaimana mereka bisa berkarya di UMKM, di kedai atau kafe kopi sebagai barista. Ini kami akan monitoring kawal mereka hingga ke depan. Nantinya juga akan ada batch-batch pelatihan selanjutnya, semoga juga membawa manfaat,” katanya.

Para peserta mendapat pelatihan selama lima hari dengan berbagai materi. Mereka dikenalkan dengan kopi dan teori-teorinya, hingga nantinya fasih meracik kopi yang istimewa.

Sebelum melakukan pelatihan, terlebih dahulu Biro SDM sudah melakukan survey rekan pemilik kedai. Setelah pelatihan, Biro SDM akan mengadakan agenda yang akan mempertemuan antara owner-owner mitra, kita dengan para peserta.

“Itulah salah satu alasan mengapa kita membatasi peserta, yaitu untuk memudahkan dalam menyalurkan pekerjaan. Untuk mitra yang kita siapkan ada beberapa yang akan kita panggil dalam dalam pertemuan,” paparnya.

Mitra yang dipanggil dalam pertemuan diantaranya:
1. Aroem Kopi Tamsis
2. Aroem Kopi Roastery
3. Obah Kopi
4. Omman Coffee

“Mitra-mitra yang di maksud adalah mitra dari Aroem Kopi, yang menjadi pendukung dan memang bersedia berkolaborasi dalam pelatihan barista dengan menyiapkan peralatan-peralatan barista,” pungkasnya.(Omi)

Teks foto: Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan memantau langsung pelatihan yang dipusatkan di LPP Garden

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *