Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan (kemeja hitam) saat silaturrahmi dengan Jaga Warga dan Polisi RW

Kapolda Suwondo: Kolaborasi Polisi RW dan Jaga Warga Efektif Membantu Keamanan di DIY 

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menyebut kolaborasi Polisi RW (Rukun Warga) dan Jaga Warga yang telah terbentuk di Provinsi DIY. Keberadaan Polisi RW sangat  efektif membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Dengan adanya Jaga Warga dan Polisi RW, tugas memelihara kamtibmas bisa terbantu dan lebih mudah,” kata Suwondo, Selasa (5/9/2023).

Sebelumnya pada Senin (4/9/2023) malam, Kapolda didampingi sejumlah jajarannya mengadakan silaturahmi dengan anggota Jaga Warga dan Polisi RW di Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Kapolda Siwondo menuturkan,  Polisi RW merupakan personel polri yang ditunjuk menjalankan tugas di lingkup RW, di samping menjalankan semua fungsi kepolisian.

Sementara Jaga Warga dapat diartikan orang atau kelompok masyarakat tertentu yang bertanggung jawab menjaga keamanan lingkungan masing-masing. “Semisal kamling, diskusi untuk menyelesaikan permasalahan supaya dapat diselesaikan secara mufakat saat ada tetangga berselisih paham,” kata Suwondo.

Kelompok Jaga Warga, menurut Kapolda Suwondo, semestinya lebih efektif dalam mencegah munculnya permasalahan di tengah masyarakat. Salah satunya mengantisipasi maraknya pencurian sepeda motor di bulak persawahan maupun permukiman warga.

Kapolda menambahkan, Jaga Warga, Polisi RW serta Bhabinkamtibmas dapat membuat inovasi bersama dalam menjaga keamanan masyarakat. Sebab, ketiganya tidak sulit memetakan lokasi yang rawan, sekaligus menjadi penghubung antara masyarakat dengan polri.

“Silakan menyelesaikan suatu permasalahan, namun ada batasnya. Jangan sampai menimbulkan masalah baru dan jangan dilakukan bila akan timbul permasalahan sosial yang lebih besar,” ujar Irjen Suwondo Nainggolan.

Kapolda DIY berharap, Polisi RW dan Jaga Warga bertatap muka dengan ketua RW dan dukuh setiap pekan untuk berdiskusi terkait keamanan di lingkungan setempat. “Diskusikan terlebih dahulu untuk mengantisipasi setiap permasalahan yang akan timbul serta mencegah terjadinya permasalahan baru,” tegas Suwondo.

Sementara itu, saat silaturahmi dengan anggota Jaga Warga dan Polisi RW di Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Sleman, Senin (4/9/2023) malam, Suwondo juga berpesan kepada para orang tua agar menghubungi Jaga Warga dan Polisi RW manakala hingga pukul 22.00 WIB anak-anak remaja mereka belum pulang.

“Semoga dengan adanya Polisi RW dan Jaga Warga ini bisa mempunyai andil dan berperan serta membantu kegiatan masyarakat dalam segala hal. Terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” tutur Irjen Suwondo Nainggolan.(Omi)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *