Rekor MURI Untuk Kaesang dan PSI

Comment
X
Share

POSKOTA.TV-Barangkali tidak berlebihan jika Kaesang saat ini dinobatkan sebagai politisi paling berpengaruh di Indonesia. Kaesang yang sebelumnya dikenal hanya sebagai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), pengusaha kecil “Sang Pisang”. Kemudian gambar wajahnya menghiasi berbagai titik strategis di kota Depok, bakal calon Depok Pertama. Akhir pekan lalu bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan kemarin, Senin (25/9/2023), dinobatkan sebagai ketua umum (ketum) PSI, menggantikan mantan vokalis Nidji, Giring Ganesha.

Menciptakan Rekor MURI

Sebagai partai politik (parpol), PSI berhasil memecahkan rekor MURI menjadi parpol yang mengganti ketum tanpa kongres, munas atau sebutan lain. Acara minum kopi yang dilabeli kopi darat nasional (kopdarnas) selevel kongres partai dalam pergantian ketum. PSI menampilkan wajah parpol yang berbeda, memilih ketum dengan santai “ngopi bareng”. Cukup ngumpul ramai- ramai, undang wartawan, tunjuk ketum, sah! PSI tidak perlu ribut berebut posisi struktur, semua diatur dengan tertib.

Selain pemecahan rekor MURI oleh PSI sebagai organisasi, Kaesang juga berhasil memecahkan rekor MURI sebagai tokoh politik yang paling berpengaruh Indonesia saat ini. Hanya dalam kurun waktu singkat dari menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI pada Sabtu (23/9/2023), lalu diberi jabatan jadi ketum PSI pada Senin (25/9/2023). Kaesang unggul dari Sandiaga Uno yang hanya diberi jabatan ketua badan pemenangan pemilu (bappilu) oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pasca keluar dari Gerindra.

Kaesang akan memecahkan rekor sebagai ketum parpol termuda se- Indonesia saat ini. Kaesang berumur 28 tahun (lahir, 25/12/1994) pada saat menerima hibah jabatan ketum PSI, dari Giring. Kaesang unggul dari Grace Natalie yang jadi ketum PSI usia 33 tahun, atau Giring yang jadi ketum PSI pada usia 37 tahun. Kaesang juga melewati Ridho Rahmadi yang saat dijadikan ketum partai Ummat, masih berusia 36 tahun. Giring benar, saat menyebut akan mengembalikan PSI ke pemiliknya, yakni anak muda. Kaesang memimpin PSI, berjuang bersama sejumlah kakek dan nenek, opa dan oma, para caleg PSI menghadapi Pemilu 2024.

Sutrisno Pangaribuan

Kaesang juga menciptakan rekor baru sebagai satu- satunya anak presiden Indonesia yang jadi ketum parpol pada saat orangtuanya berkuasa. Tidak ada anak presiden Indonesia yang jadi ketum parpol disaat orangtuanya sedang berkuasa. Kaesang melampaui karier politik Megawati Soekarnoputri (Mega), Siti Hardianti (Tutut), Tommy Soeharto, Ilham Habibie, Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny), Puan Maharani, hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kaesang ungguli semua anak presiden yang berjuang membentuk dan membesarkan parpol, sementara Kaesang diberi ketum PSI cuma-cuma.

Kaesang pun menciptakan rekor baru sebagai ketum PSI pertama yang akan dikawal pasukan pengaman presiden (paspampres). Kaesang akan dikawal Paspampres dalam semua kegiatan termasuk agenda PSI di seluruh lokasi dan daerah, hingga Jokowi diganti (20/10/2024). Kaesang menyalip rekor kedua saudaranya (Gibran, walikota Solo dan Bobby, walikota Medan) yang terpaksa berbagi rekor sebagai walikota pertama yang sehari-hari dikawal oleh paspampres. Ketiganya, saat ini (Gibran, Bobby, dan Kaesang) layak diganjar rekor MURI sebagai orang pertama yang mendapat “privilege” pada jabatan masing- masing.

Kaesang juga berpeluang menciptakan rekor baru jika berhasil memimpin PSI melewati ambang batas parlemen (parliamentary treshold/ PT) Pemilu 2024. Meski tidak mudah, namun Kaesang diyakini dapat mencapai harapan PSI tersebut. Jaringan bisnis Kaesang dengan Raffi Ahmad, bersama para selebriti Indonesia akan menambah kekuatan bagi PSI. Kaesang sebagai youtuber juga menambah akses dan jaringan yang luas, menambah dukungan politik.

Bahkan acara podcast yang diasuh Kaesang dengan komedian Kiki Saputri juga akan menjadi saluran dalam menambah kekuatan Kaesang memimpin PSI. Kaesang dapat merombak daftar calon sementara (DCS) PSI, memasukkan figur terkenal seperti artis, komedian, pengusaha, maju sebagai calon legislatif (caleg) dari PSI. Maka dengan seluruh perangkat dan jaringan yang dimiliki Kaesang, PSI dapat lolos PT di Pemilu 2024.

Kongres Rakyat Nasional (Kornas) adalah wadah berhimpun dan berjuang rakyat dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia. Kornas juga tetap konsisten berjuang untuk kepentingan politik orang biasa di Pemilu 2024. Kornas menyampaikan selamat bagi PSI dan Kaesang atas kontribusinya terhadap dinamika politik nasional. Semoga seluruh persyaratan untuk mendapatkan rekor MURI dapat dipenuhi oleh PSI dan Kaesang.

Sutrisno Pangaribuan
Presidium Kongres Rakyat Nasional (Kornas)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *