20 Jam Rumah Mentan Digeledah KPK

Comment
X
Share

POSKOTA.TV– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo (SYL) di Jalan Widya Chandra V No. 28, Jakarta Selatan. Penggeledahan dilakukan selama 20 jam sejak Kamis (28/9) sore hingga Jumat (29/9) siang.

Dalam penggeledahan yang mendapat perhatian media massa dalam dan luar negeri ini petugas menemukan sejumlah barang bukti berupa puluhan miliar uang dalam bentuk mata uang rupiah dan asing, sejumlah berkas dan 12 pucuk senjata api.

Ali Fikri menjelaskan, pihaknya menemukan sejumlah senjata api saat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Widya Chandra, Jakarta Selatan.

“Kita belum memerinci jenis senjata api itu. Tapi, tim penyidik menemukan ada 12 pucuk pistol yang ditemukan,”ujar Ali dalam keterangannya, Jumat, (29/9/2023).

Selanjutnya, KPK bakal berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. “Tentunya terkait dengan temuan yang ada dalam proses penggeledahan yang dimaksud,” ujarnya.

“Karena sekali lagi apa yang berikutnya kami lakukan analisis adalah yang berkaitan langsung dengan perkara yang sedang kami tangani,” sambung Ali.

Belasan penyidik KPK yang menggunakan tujuh mobil terlihat membawa sejumlah barang bukti yang diamankan dalam dua koper ukuran besar. Saat penggeledahan berlangsung SYL sedang berada di Roma, Italia mengikuti acara yang diadakan Lembaga Pangan Dunia (FAO).

Informasi yang dihimpun, penggeledahan di rumah dinas Syahrul dilakukan sejak Kamis (28/9) pukul 16.30 WIB. Diperkirakan kegiatan ini dilakukan untuk mencari sejumlah barang bukti terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Saat petugas melakukan penggeledahan, manatan Gubernur Sulawesi Selatan ini sempat mengunggah kegiatannya di Roma di akun resmi Instagramnya. Dalam keterangan foto yang diunggah dua hari lalu, SYL mengatakan melakukan pertemuan bilateral dengan Direktur Jenderal FAO, Qu Dongyu.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyatakan, dari informasi yang diperoleh, ditemukan antara lain sejumlah uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang asing yang jumlahnya mencapai puluhan miliar rupiah.

“Puluhan miliar yang ditemukan dalam penggeledahan dimaksud,” ujar Ali.
Ali mengatakan, selain menemukan sejumlah uang, tim penyidik menemukan dokumen hingga catatan keuangan. Barang bukti itu kini tengah didalami.

“Juga beberapa dokumen di sana, seperti catatan keuangan dan pembelian beberapa aset yang bernilai ekonomis,” ujar Ali.
Sebelumnya, kasus korupsi di Kementan saat ini juga telah dinaikkan ke tingkat penyidikan. KPK belum mengumumkan secara resmi sosok tersangka dari kasus tersebut.

Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri enggan bicara banyak terkait kabar ditetapkannya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi tersangka.

“Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan,” kata Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, (29/9/2023).

Ali menegaskan, KPK akan menyampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh setelah semua proses dilakukan.

“Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses cukup dilakukan,” jelasnya.

Beredar kabar bahwa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) jadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). SYL dikabarkan tersangka bersama Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta dan Staf Khusus bidang kebijakan pertanian Imam Mujahidin Fahmi.

Kabar tersangkanya itu beredar luas di pesan WhatsApp setelah KPK menggeledah rumah dinas SYL di Jalan Widya Chandra V, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Adapun komisi antirasuah memutuskan untuk melakukan penyidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Keputusan diambil setelah dikantongi bukti awal yang cukup.

Tersangka dalam kasus ini belum dirinci KPK, begitu juga dengan konstruksi perkaranya. Namun, informasi beredar kasus tersebut terkait jual beli jabatan di lingkungan Kementan.

Dalam penyelidikan, Syahrul juga sudah pernah dipanggil komisi antirasuah saat kasus ini dalam penyelidikan. Ia saat itu keterangan terkait untuk pencarian bukti dan keterangan. (Admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *