Harga Beras Meroket, Pedagang Menjerit

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Musim kemarau yang berkepanjanagn membuat harga beras melonjak tinggi harganya membuat pedagang makanan yang mengandalkan bahan dasar beras ramai ramai mengubah olahan dan menaikan harga barang dagangannya.

Lantaran beras yang mereka beli masih mahal harganya berkisar Rp 13 ribu/kg.

Seperti halnya yang di lakukan pedagang lontong dan gorengan, sebelumnya mereka menjual lontong yang berbahan dasar beras ini ke konsumen Rp 1250/biji Sekarang kita jual Rp 1500/biji kupat/lontong, ungkap seorang pedagang,

Hal sama dilakukan pedagang nasi uduk. menyiasatinya dengan mengurangi porsi nasi uduk, ungkapnya.

Akibat harga beras yang kian naik, terpaksa mengurangi produksi nasi uduk. Biasanya dia memproduksi 7 kg, kini hanya 5 kg untuk nasi uduk.

“Harga termurah sekarang Rp 13 ribu/kg. Harga Rp 10 ribu/kg sekarang sudah hilang dipasaran,” jelasnya.

Masyarakat tak lagi bisa memperoleh beras murah yang biasa mereka beli Rp 10.000/kg. Beras tersebut sudah tak dijajakan lagi oleh para pedagang beras.

Harga beras premium yang dua pekan lalu di jual Rp 11.000/kg kini menjadi Rp 15.000/kg. Sedangkan beras medium yang tadinya Rp 10000/kg kini menjadi Rp 13 ribu/kg.

Para pedagang beras serempak menyebut kenaikan harga beras akibat kemarau panjang.

Diakuinya para pedagang beras juga terdampak akibat terjadinya kenaikan harga beras. ” Yang beli beras berkurang. Omzet turun sampai 50 persen. (Admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *