17 Negara Larang Tik Tok

Comment
X
Share

POSKOTA.TV-Aplikasi Tik Tok dalam seminggu ini menyedot perhatian public Indonesia. Bukan karena isi maupun kontennya semata, namun gara-gara membuat pedagang bangkrut membuat pemerintah bertindak tegas.

Pemerintah Indonesia resmi melarang TikTok Shop, adanya transaksi di media sosial atau belakangan dikenal dengan istilah social commerce. Bukan hanya di Indonesia, TikTok juga mengalami kejadian yang sama di negara lainnya. Sebanyak 17 negara bahkan sudah memblokir Tik Tok.

Di Indonesia, aturan larangan TikTok Shop beroperasi ini tertuang dalam revisi Permendag Nomor 50 tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang dikeluarkan pada Selasa (26/9/2023).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut media sosial hanya boleh memfasilitasi promosi barang dan jasa, karena itu tidak boleh transaksi langsung dan bayar langsung.

Sebelum Indonesia melarang praktik perdagangan online melalui media sosial, tidak hanya TikTok Shop, ternyata ada sejumlah negara yang bahkan melarang penggunaan TikTok di negaranya.

Berikut negara yang melarang Tik Tok yakni:
Afghanistan, Australia, Belgia, Kanada, Denmark, India, Uni Eropa, Austria, Belanda, Estonia, Prancis, Selandia Baru, Norwegia, Somalia, Taiwan, Inggris dan Amerika Serikat
(Admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *