Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan pada Ponsel Xiaomi

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- baru baru ini banyak kejadian pada handphone Xiaomi Redmi Note kartu SIM tidak ada layanan dan juga indikator wifi tak bisa konek dengan wifi yang ada.
berikut beberapa metode mudah dan praktis yang dapat dilakukan.

Subscriber Identification Module (SIM) atau kartu SIM merupakan kartu kecil berisi nomor telepon dan memungkinkan penggunanya memakai layanan seluler.
Kartu SIM tak ubahnya sebagai nyawa bagi sebuah ponsel. Tanpa layanan, hanya benda elektronik yang fungsi komunikasinya tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.
Kendala layanan pada SIM dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari masalah ROM hingga beragam problem lainnya.
Melansir laman miui.id, berikut cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di Xiaomi.
Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Xiaomi

Cek Kartu SIM dan Konektor
Langkah pertama untuk mengidentifikasi masalah layanan SIM di ponsel Xiaomi, yakni dengan memeriksa kartu SIM dan konektornya. Pastikan jika kartu SIM yang kamu gunakan sudah terpasang dengan benar sesuai petunjuk yang disarankan.
Selain memperhatikan pemasangan kartu SIM, pastikan pula tak ada kecacatan pada kartu SIM yang kamu pakai. Sebab, kondisi tersebut juga memengaruhi ada tidaknya layanan.
Di samping itu, layanan kartu SIM yang bermasalah dapat disebabkan oleh konektor SIM yang rusak. Oleh karena itu, pastikan kedua piranti ini dalam kondisi baik-baik saja.

Aktifkan Mode Pesawat
Selain memastikan kondisi kartu SIM dan konektor, kamu juga dapat mengaktifkan mode pesawat pada ponsel. Langkah ini biasanya akan memaksa ponsel mencari jaringan maupun layanan SIM yang bisa dijangkau.
Kamu dapat mencoba cara yang satu ini untuk memastikan apakah layanan SIM pada ponsel Xiaomi kamu dapat berjalan semestinya.
Periksa Pengaturan Access Point Name (APN)
Cara lain yang bisa kamu coba untuk memastikan layanan SIM pada Xiaomi adalah dengan memeriksa pengaturan APN. Istilah tersebut merupakan nama titik akses yang terdapat pada operator tertentu.

Untuk memeriksa pengaturan APN pada ponsel Xiaomi, kamu bisa menuju ke menu ‘Pengaturan’ kemudian pilih opsi ‘Sambungan’. Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Sambungan’, setelah itu pilih ‘Jaringan’. Kemudian pilih opsi ‘Jaringan Telepon’ dan terakhir pilih opsi ‘APN.
Apabila mendapati APN tidak sesuai dengan yang disediakan oleh pihak operator, kamu dapat mencari akses APN di Internet maupun pusat panggilan (call center) operator.
Salah satu penyebab tidak adanya layanan SIM pada ponsel Xiaomi adalah cache. Tembolok atau cache merupakan data sementara yang terdapat pada memori ponsel. Umumnya, berfungsi untuk mendukung berbagai aktivitas pada ponsel.
Untuk membersihkan cache pada ponsel Xiaomi, kamu bisa menuju ke menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Penyimpanan’. Selanjutnya pilih opsi ‘Penyimpanan Internal’, dan pilih ‘Data Cache’ untuk menghapusnya.

Restart Ponsel
Alternatif terakhir yang bisa kamu coba, yakni dengan memulai kembali (restart) ponsel Xiaomi. Dengan cara ini, secara otomatis ponsel akan memulai ulang seluruh program yang dijalankan.
Apabila layanan SIM masih belum berfungsi, opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah membawa ponsel kamu ke pusat pelayanan (service center) Xiaomi terdekat.
Itulah lima cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layanan SIM yang bermasalah pada ponsel Xiaomi kamu. Semoga bermanfaat!
(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *