Polda DIY Gelar Pelatihan Sistem Keamanan Kota Menjelang Kampanye  Pemilu 2024 

Comment
X
Share

Poskota.tv–Polda DIY menggelar pelatihan sistem Keamanan Kota dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, Wakapolda DIY Brigjen R. Slamet Santoso, pejabat utama Polda DIY dan jajaran Kapolres/ta DIY serta unsur Forkopimda DIY di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan tersebut mensimulasikan sistem keamanan kota menjelang kampanye Pemilu 2024. Peragaan pertama menampilkan pengendara motor yang melakukan aktivitasnya seperti biasa. Keadaan ini ditampilkan untuk memperagakan kegiatan menjelang Pemilu 2023-2024 yang berlangsung selama 220 hari dan secara bertahap.

Peragaan kedua menampilkan kampanye terbuka, dimana petugas Samapta mulai berjaga-jaga di lokasi kampanye. Petugas juga melakukan pengamanan kepada capres.

Sementara itu, peragaan ketiga menampilkan suasana di KPU setelah selesai melakukan rekapitulasi suara. Ditampilkan juga peragaan warga yang merasa tidak setuju dengan hasil perhitungan suara dan melakukan demo untuk memaksa masuk ke dalam KPU.

Satuan polisi datang untuk mengamankan pengunjuk rasa dan muncul peragaan negosiator untuk bernegosiasi dengan para pengunjuk rasa. Massa mulai tidak kondusif dan kemudian petugas mulai melakukan pengamanan dengan unit polisi satwa K9, serta melakukan penembakan water canon untuk mengkondisikan keadaan massa.

Dalam peragaan ini ditampilkan jelas kolaborasi antara satuan kerja Polda DIY dengan berbagai instansi seperti TNI beserta seluruh jajaran penting lainnya. Sehingga nantinya dapat menjaga keamanan serta ketertiban menjelang dan saat Pemilu berlangsung.(Omi)

Teks foto: Peragaan pengamanan aksi demo yang diperagakan personel Polda DIY  

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *