Syahrul Yasin Limpo Ditangkap KPK di Apartemen

Comment
X
Share

POSKOTA.TV– Tindakan tegas dilakukan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Ia ditangkap di kediaman anaknya di salah satu apartemen wilayah Jakarta Selatan pada Kamis (12/10/2023) petang.

Penangkapan dilakukan oleh penyidik KPK. Syahrul Yasin Limpo langsung digiring ke KPK untuk menjalani pemeriksaan.
Sebelumnya, Kuasa Hukum SYL, Febri Diansyah mengemukakan bahwa kliennya akan memenuhi panggilan pemeriksaan pada Jumat (13/10/2023).

“Mendapatkan konfirmasi pemeriksaan akan dilakukan pada Jumat, 13 Oktober 2023 siang,” kata Febri, Kamis (12/10/2023). Sementara, SYL mengaku sudah siap menghadapi proses hukum yang menjeratnya.

“Saya sudah siap lahir dan batin untuk menghadapi ini sesuai dengan hukum dan hak-hak saya sebagai tersangka,” kata SYL.
Dia berharap kasus yang menjeratnya murni penegakan hukum, bukan serta merta berkaitan dengan kepentingan politik.

“Saya berharap perkara ini murni perkara hukum, bukan seperti mencari-cari kesalahan saja, dan jangan sampai perkara ini dilatar belakangi kepentingan politik”, kata SYL.
SYL dikabarkan terseret kasus korupsi di Kementan. Selaku menteri saat itu, memerintahkan Hatta dan Kasdi menarik setoran senilai USD 4.000-10.000 atau dirupiahkan Rp62,8 juta sampai Rp157,1 juta (Rp15.710 per dolar AS pada 11 Oktober 2023) setiap bulan dari pejabat unit eselon I dan eselon II di Kementan.

Uang itu berasal dari dari realisasi anggaran Kementan yang di-mark up atau digelembungkan, serta setoran dari vendor yang mendapatkan proyek. Kasus korupsi yang menjerat Syahrul terjadi dalam rentang waktu 2020-2023. Temuan sementara KPK ketiga diduga menikmati uang haram sekitar Rp 13,9 miliar. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *