Wow Keren Purwakarta, PLTS Terbesar Ke-3 Dunia Di Resmikan Langsung Jokowi

Comment
X
Share

POSKOTA.TV -Secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Purwakarta Provinsi Jawa Barat pada Kamis, 9 November 2023.

Jokowi meresmikan secara langsung Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWP yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta.

Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV Cirata berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan PLTS Terapung ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara (ASEAN), bahkan menjadi yang terbesar ke-3 di Dunia.

Jokowi menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah karena mimpi besar Indonesia membangun pembangkit EBT dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana.

Dan kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor 3 di Dunia,” ungkap Presiden Jokowi dalam peresmian, Kamis, 9 November 2023.

Sebagaimana diketahui, proyek PLTS Terapung Cirata berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) berdiri di luas 200 hektare, PLTS ini dibangun di atas Waduk Cirata yang berlokasi di tiga Kabupaten Jawa Barat, yakni Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat.

Jokowi menambahkan, jika PLTS Terapung Cirata terus dikembangkan maka bisa dimaksimalkan hungga kurang lebih berkapasitas 1.000 MWp.

“Jadi nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau. Juga saya gembira dan bangga PLTS Terapung Cirata ini selesai, ini hasil kerja sama Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, PLN dan Masdar dari UEA,” ungkap Jokowi.

Tak hanya soal PLTS Terapung Cirata, Jokowi berharap seluruh potensi EBT yang ada di Indonesia bisa dimanfaatkan. Hal itu bisa didukung dengan adanya teknologi berkaca dari PLTS Terapung ini.

Ada juga pembangkit angin, dalam prosesnya ada tantangan cuaca memang, tapi bisa kita atasi dengan membangun smart grid jadi meski cuaca berubah listrik tetap stabil. Tantangan lokasi potensi EBT yang jauh dari pusat kebutuhan listrik juga bisa kita atasi, kita bisa bangun dengan solusinya transmition line yang nantinya setiap potensi EBT di Sumatera di Kalimatnan dan Sulawesi bisa kita salurkan ke pusat ekonomi,” jelas Jokowi.(Fuljo)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *