Yuuu Wisata sambil Mancing di Danau Cipule Karawang

Comment
X
Share

POSKOTA.TV -Terbentangnya Sungai Citarum dan jaringan irigasi yang membelah wilayah perkotaan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat ternyata belum bisa dioptimalkan sebagai areal wisata air.
Namun, ada potensi wisata air di Karawang yang paling memungkinkan untuk dikembangkan adalah Situ Cipule di Kecamatan Ciampel yang sempat menjadi venue Cabang Olahraga Dayung dalam Sea Games beberapa tahun lalu.

Hanya saja, tidak tertatanya dengan apik Situ Cipule menyababkan lokasi itu tidak berkembang menjadi daerah wisata yang diandalkan. “Semua orang sudah banyak yang mengetahui, jika Cipule pernah menjadi lokasi pertandingan dayung di Sea Games. Namun, brand Cipule tersebut tidak manfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah untuk dijadikan sebagai tempat wisata,” kata Dian Suryana tokoh masyarakat setempat.

Potensi wisata air di perkotaan, lanjutnya, sebenarnya dipunyai oleh Karawang. Namun, karena kurang tersentuh oleh pembangunan pemerintah, maka belum bisa dioptimalkan untuk dijadikan wisata. “Harus dimulai dari pemerintah daerahnya dulu membangun infrastruktur sungai dan irigasi yang layak. Baru bisa dikembangkan menjadi tempat wisata air,” tuturnya.

Sebenarnya, sambung Dian, bukan hanya potensi sungai dan irigasi saja yang tidak tersentuh pembangunan. Namun, kekayaan alam seperti pegunungan dan lau juga belum tergali secara optimal. “Hemat saya, jangan yang muluk-muluk dulu, seperti membuka wisata sungai dan irigasi di perkotaan.Karena, objek wisata yang ada juga seperti wisata pegunungan dan wisata bahari belum tergarap secara optimal,” tukasnya.

Diketahui, Situ Cipule merupakan eks galian pasir yang difungsikan menjadi danau untuk penampungan air dari hulu Sungai Citarum. Panoramanya sangat menjanjikan, terlebih jaraknya tidak terlalu jauh dari wilayah perkotaan Karawang. Selain itu, Danau Cipule menjadi tujuan para pecinta mancing, karena banyak jenis ikan air tawar yang memang menjadi penghuni asli danau tersebut.(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *