Rp75 Miliar untuk Pengadaan Kamera ETLE di 70 Titik

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Pemerintah Provinsi DKI bersama Polda Metro Jaya tambah 70 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baru yang dipasangkan di sejumlah ruas jalan utama.
Pemasangan tersebut rencananya akan rampung pada akhir tahun dan berfungsi secara optimal mulai Januari tahun depan. ETLE tambahan dipasang di beberapa ruas jalan yang sering terjadi pelanggaran. Mulai dari jalan layang non-tol (JLNT) Casablanca hingga depan kantor BKN Pusat di Cililitan.

Sehingga jangkauan pengawasan bisa menjadi optimal di masa depan. “Memang perlu pengadaan di jalur-jalur tersebut karena banyak pelanggaran yang perlu diawasi. Ke depan kami evaluasi,” ungkap Kombes Latif Usman, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Ditegaskan Latif, pada awal bulan Januari 2024 nanti di pastikan 70 kamera ETLE yang terpasang itu akan mulai beroperasi. Hanya tinggal finishing. “Tinggal running apa, untuk operasionalnya aja. Ya Januari lah udah harus operasional,” katanya.

Dijelaskan Latif, pemasangan kamera ETLE itu dikarenakan banyak pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. “Ya, memang kan perlu jalur-jalur jalan banyak pelanggaran yang perlu kita awasi itu,” ucapnya.

Lebih jauh, Latif menuturkan jika nantinya pihaknya akan melakukan evaluasi terkait pemasangan sejumlah kamera ETLE di Ibu Kota. Karena itu tidak tertutup kemungkinan jumlahnya akan ditambah. “Ya, kedepan kita evaluasi, ya kita maksimalkan ETLE mobil ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI memberikan hibah sebesar Rp 75 miliar ke Polda Metro Jaya untuk pengadaan kamera ETLE di 70 titik pada tahun ini.

Hibah senilai Rp 75 miliar itu tepatnya tercantum dalam Kepgub Nomor 214 Tahun 2023 tentang Penerima Hibah Berupa Uang Pada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2023.

Peruntukan Rp 75 miliar tersebut tercantum dalam Lampiran Kepgub Nomor 214 Tahun 2023. Dalam lampiran itu dinyatakan Rp 75 miliar itu untuk pengadaan, pemasangan, perbaikan, dan pemeliharaan perlengkapan jalan dalam rangka manajemen dan rekayasa lalu lintas. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *