Jelang pemilu 2024, Antisipasi Caleg Setres, RS.Bayu Asih Purwakarta Sediakan Ruangan Khusus

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Kabupaten Purwakarta menyiapkan ruangan khusus untuk caleg yang mengalami stres atau gangguan kejiwaan akibat gagal di Pemilihan legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Pasalnya, selepas Pileg mendatang, diperkirakan akan banyak caleg yang mengalami depresi. Terutama, mereka yang sudah mati-matian bersosialisasi namun tidak terpilih menjadi wakil rakyat.

Plt Direktur RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, Tri Muhammad Hani mengatakan, selain kamar khusus, pihaknya juga bakal menyiagakan dokter spesialis kejiwaan.

Pasalnya, berkaca pada pengalaman-pengalaman sebelumnya banyak di antara warga yang gagal ‘Nyaleg’ itu terganggu kondisi kejiwaannya.

Sebagai antisipasi, kami akan siapkan ruang khusus dengan fasilitas 4-6 kasur. Selain itu, kami juga akan menyiagakan dokter spesialis jiwa,” ujar Hani dikutip dari keterangannya, Selasa, 21 November 2023.

Dia menyebut, untuk fasilitas ruangan khusus caleg depresi akan mulai dipersiapkan pada Januari mendatang.

“Terkait pengobatannya ada dua pola, yakni pola rawat jalan khusus untuk yang depresi kategori ringan. Serta pola rawat inap, bagi caleg yang menderita depresi akut,” paparnya.

Hani menambahkan, antisipasi persoalan caleg depresi memang harus dilakukan. Terlebih setiap rumah sakit apalagi RSUD harus menyiapkan fasilitas khusus tersebut.

Memang, kata Hani, depresi yang dialami para caleg ini tidak akan terlalu berlebihan.

Menurut dia, kalau yang konsultasi dengan psikiater dipastikan ada. Karena itu sangat manusiawi, jika caleg yang kalah mengalami gangguan emosional. Terlebih lagi, bila dalam proses pencalegan itu, harta benda mereka habis.

“Biasanya, ini yang menjadi pemicu meningkatkan konsultasi dengan psikiater,” ucapnya.(fuljo)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *