ILUSTRASI

Nglaras: Pemilu Damai, Mesem Adem Ayem

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Pemilihan Umum ( Pemilu ) merupakan pesta budaya suksesi kepemimpinan dalam masyarakat yang demokratis. Para calon wakil rakyat akan memamerkan prestasi dan program programnya bagi Indonesia maju. Pemilu sebagai pesta budaya menunjukan adanya kenikmatan dan kedamaian dalam suksesi kepemimpinan dalam suasana yang mesem, adem ayem.

Di dalam proses Pemilu ada kecerdssan yang mampu menunjukan terjaganya keamanan dan rasa aman serta nyaman tentram dan damai. Bagi orang Jawa sering dikatakan ‘nglaras’ yang maknaya ada harmoni, orang orangnya dalam beraktifitas mampu mengelola ruang dan waktu untuk adanya proses Pemilu yang mampu menjadi ice breake untuk melepas kelelahan, kepenat dan kesesakan hidup kehidupan sehari hari. Pemilu yang ‘nglaras’ bisa dnikmati prosesnya ada pencerahan politik bagi warga masyarakat yang menjadi pemenuhan kebutuhan adab.

Bagi pemerintah maupun Polisi, maupun para stake holder lainnya bermitra mewujudkan harmoni dibdalam Pemilu yang sarat dengan keceriaan yang mencerahkan dan mencerdaskan dalam pelayanan suksesi kepemimpinan. Polisi dengan pemolisianya, dan pejabat atau aparat lainya dengan para pemangku kepentingan lainnya mampu mengimplementasikam kebijakan-kebijakan politik yang diperlukan adanya pemahaman bahwa Pemilu merupakan pesta Budaya dalam Suksesi Kepemimpiman dalam masyarakat yang modern dan Demokratis. Hakekatnya ada pada kemanusiaan, keteraturan sosial dan peradaban bagi semakin manusiawinya manusia.

Pemilu bagi Indonesia maju untuk mewujudkan Indonesia yang memiliki sumber daya manusia yang tingkat kualitas hidupnya meningkat, cerdas terata infrastruktur, ruang dan waktu, proses Pemilu terutama pada ruang-ruang publik dapat dikatakan nyaman dan asri dan ngangeni. Ruang publik dan sistem pelayanan publik merupakan refleksi para pemimpin dan aparaturnya dalam memberikan pelayanan publik secara profesional, cerdas, bermoral dan modern walau dalam berbagai keterbatasan.

Sejatinya penyelenggaraan Pemilu diharapkan melahirkan para pemimpin yang kelaj setelah berkuasa political will nya adalah bagi kemaslahatan hajat hidup orang bank. Suasana aman, nyaman, tenteram bersih dan asri dengan pelayanan publik yang prima menjadi impian bagi warga masyarakat.

Di sinilah pentingya proses penyelenggaaraan Pemilu yang cerdas untuk menggarap ikon kontestan dengan cerdas dan mengeliminasi black campaign, money politic, post truth dengan hoaxnya, dan berbagai hal yang kontra produktif lainnya.CDL- Lembah Tidar 211123

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *