Tips Cara Cek WhatsApp Web Aman Atau Tidak

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Tak sedikit pengguna internet, khususnya di Indonesia yang menggunakan WhatsApp Web sebagai sarana bertukar pesan secara instan. Apalagi, layanan bertukar pesan oleh WhatsApp Web ini dapat diakses melalui PC desktop atau laptop dengan gratis.
Penggunaan WhatsApp Web cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk login menggunakan barcode dari ponsel. Selain itu, Meta sebagai induk dari WhatsApp Web juga merilih ekstensi keamanan baru bernama Code Verify, untuk membuka WhatsApp versi web.

Code Verify ini bertujuan untuk memastikan keamanan serta keaslian halaman WhatsApp Web yang dibuka oleh pengguna lewat browser. Meski begitu, bukan berarti WhatsApp Web aman sepenuhnya. Masih ada kemungkinan pengguna dapat terkena bajak atau hack.
Untuk itu, penting bagi para pengguna untuk selalu mewaspadai terjadinya bajak atau hack saat menggunakan WhatsApp Web.

Berikut ini beberapa tanda yang perlu kamu ketahui apakah WhatsApp Web Kamu sedang dibajak atau mengalami hack atau tidak.

1. Menerima pesan OTP dari WhatsApp
Salah satu ciri yang paling bisa kamu ketahui adalah penggunanya menerima One Time Password (OTP) secara tiba-tiba.
Apabila kamu tidak merasa membutuhkan OTP atau bingung alasan WhatsApp mengirimkannya, maka jangan berikan OTP ke siapapun. Ini berarti, akun kamu sedang dikloning orang lain dengan tujuan membajaknya.

2. Pesan otomatis terbaca
Kamu juga dapat mengetahuinya melalui pesan sudah dibaca atau belum. Sebagaimana yang diketahui, pesan terbaca ditandai oleh dua centang berwarna biru pada pesan.
Jika ikon centang dua biru itu sudah terlihat padahal kamu belum membacanya, itu berarti ada orang lain diam-diam membajak WhatsApp Web kamu.

3. Keluar dari akun WhatsApp tanpa melakukannya sendiri
Kamu juga patut curiga apabila akun WhatsApp kamu secara tiba-tiba keluar, tanpa kamu melakukannya sendiri.
Hal ini terjadi lantaran ada orang lain yang mencoba mengakses akunmu dari perangkat lain. Sebab, pada dasarnya WhatsApp Web hanya bisa tersambung olah satu perangkat saja.
Jadi, ketika akunmu keluar sendiri, berarti ada pihak lain yang berhasil membajak WhatsApp kamu. Apalagi, jika di WhatsApp tersebut ada pesan-pesan terkerim namun bukan kamu yang melakukannya.

4. Status online namun tidak aktif
Selain itu, kamu bisa mengetahui ciri-ciri pembajakan WhatsWeb dari status yang tertera. Apabila status ternyata online, padahal kamu sedang tidak menggunakannya maka tidak menutup kemungkinan bahwa akun milikmu sedang dihack seseorang.
Cara ini dapat kamu ketahui melalui bantuan teman. Jika benar status online, padahal aplikasi sedang tidak digunakan maka akun WhatsApp kamu kemungkinan dibajak.

5. Periksa daftar perangkat
Terakhir, pengguna WhatsApp Web dapat memeriksa daftar perangkat yang terhubung melalui fitur pengaturan. Apabila ada nama akun tak dikenal muncul di sana, maka bisa jadi akun WhatsApp Web kamu sudah dibajak.

Demikian tips mengetahui apabila akun WhatsApp Web kamu sedang dibajak atau di hack orang lain atau tidak. Selamat mencoba. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *