Sopir Bus Maut Ditahan

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Polisi telah menetapkan sopir Bus Handoyo sebagai tersangka terkait kecelakaan maut di jalan Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, yang menewaskan 12 orang pada Jumat (15/12/2023).
Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, mengumumkan bahwa sopir bus, Rinto Katana (28), telah ditahan di Rumah Tahanan Mapolres Purwakarta.
“Sopir tersebut, Rinto, adalah sopir kedua Bus Handoyo yang telah mengemudi sejak dari Kendal,” kata AKBP Edwar.

Sementara sopir pertama mengemudi dari Yogyakarta hingga Kendal. Proses penetapan tersangka dilakukan setelah penyelidikan, pemeriksaan maraton, dan olah tempat kejadian perkara (TKP) di KM 72 Jalan Tol Cipali.
Menurut AKBP Edwar, kecelakaan terjadi karena sopir mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan cukup tinggi, yang terlihat dari kerusakan bus, pembatas jalan, dan posisi persneling di gigi tinggi. Kondisi tikungan yang cukup tajam diperkirakan menjadi faktor pemicu kecelakaan.

“Tersangka sopir Bus Handoyo dijerat dengan pasal 311 ayat 5, 4, 3, 2, 1 atau 310 ayat 4, 3, 2, dan 1 Undang-Undang RI No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ungkapnya.
Sebanyak 12 orang meninggal dan beberapa lainnya luka-luka dalam kecelakaan tersebut. Kecelakaan tunggal melibatkan Bus Handoyo AA-7626-OA yang berjurusan Yogyakarta-Bogor.
Bus ini keluar dari Tol Cipali menuju GT Cikopo untuk mengambil penumpang di Pool Purwakarta.(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *