WASPADA! Kasus Covid Naik Lagi

Comment
X
Share

POSKOTA.TV– Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkaji lagi kewajiban penggunaan masker di ruang publik. Sebab, saat ini kasus Covid-19 naik lagi menjelang libur Natal dan tahun baru.
“Segera lakukan kajian, apakah penggunaan masker di ruang publik merupakan langkah yang harus diterapkan kembali,” kata Netty saat dihubungi, Selasa (19/12).

Selain itu, Netty meminta pemerintah juga mempertimbangkan lagi kerumunan massa di ruang publik. Menurutnya, perlu ada antisipasi melalui kebijakan dan sosialisasi demi mencegah lonjakan kasus Covid-19.
Kemudian, kata dia, Kemenkes juga perlu menyiapkan ketersediaan fasilitas kesehatan (faskes) untuk mengatasi potensi keadaan darurat.

“Segala kebutuhan untuk menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19 harus dalam kondisi prima, baik itu faskes, obat, vaksin, alat deteksi, nakes dan sebagainya. Juga tingkatkan kembali kegiatan testing, pelacakan kontak, dan isolasi untuk memitigasi penyebaran virus,” ucap dia.
Netty pun menyebut Komisi IX akan memanggil Kemenkes untuk rapat kerja untuk membahas kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kemenkes mengungkapkan jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia periode 6-18 Desember tercatat 2.204 kasus. Kasus mingguan meningkat sebanyak 243 persen.
Namun, keterisian tempat tidur rumah sakit diklaim masih cukup aman. Dari 26.613 tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang tersedia di seluruh Indonesia, tingkat keterisian baru 1,34 persen.(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *