Serba-serbi Santa Claus, Sosok Legendaris yang Selalu Ramaikan Malam Natal

Comment
X
Share

POSKOTA.TV Santa Claus merupakan sosok legendaris di malam Natal. Figur berjanggut putih dengan pakaian merah itu selalu dinanti anak-anak. Bagi para anak, Santa Claus selalu menghadirkan kebahagiaan karena membagikan mainan dan hadiah lainnya saat Natal.
Santa Claus dikenal sebagai pelindung tradisional Natal di Amerika Serikat dan negara lain. Ia akan datang di malam natal untuk membawakan hadiah pada anak-anak.

Sejarah Santa Claus
Citra populer Santa Claus didasarkan pada tradisi yang terkait dengan Santo Nikolas, orang kudus atau santo Kristen abad ke-4. Dikutip dari VOA, Santo Nikolas hidup di kota pelabuhan Myra di Mediterania, bagian dari Turki modern.

Konon Santo Nikolas menyumbangkan seluruh harta miliknya untuk membantu orang miskin dan orang sakit. Ia pun dikenal sebagai pelindung anak-anak dan pelaut serta dinilai sebagai orang suci paling populer di Eropa
Orang Belanda yang bermigrasi ke kawasan Amerika pada abad ke-18 membawa legenda Santo Nikolas ke New Amsterdam (sekarang Kota New York), beserta kebiasaan memberikan hadiah dan permen kepada anak-anak pada hari raya.

Sosok Santa Claus
Penggambaran Santa Claus saat ini adalah berdasarkan gambar yang digambar oleh kartunis Thomas Nast untuk Harper’s Weekly yang dimulai pada tahun 1863. Santa Nast sangat berhutang budi pada deskripsi yang diberikan dalam puisi Kunjungan dari St. Nicholas, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1823.

Gambar tersebut selanjutnya ditentukan oleh iklan Santa Claus populer yang dibuat untuk Perusahaan Coca-Cola dari tahun 1931 oleh ilustrator Haddon Sundblom. Menurut Ensiklopedia Britannica, Santa Sundblom adalah seorang pria gemuk berjenggot putih yang mengenakan setelan merah dengan ikat pinggang hitam dan hiasan bulu putih, sepatu bot hitam, dan topi merah lembut.

Santa Claus dikatakan tinggal di Kutub Utara bersama istrinya. Di mana dia menghabiskan setahun untuk menyiapkan hadiah dibantu dengan para kurcaci.
Di sana, dia menerima surat dari anak-anak yang meminta hadiah Natal. Pada malam natal dia mengisi kereta luncurnya dengan mainan dan terbang keliling dunia.

Kereta yang ditarik oleh delapan rusa kutub itu akan berhenti di rumah setiap anak. Santa Claus akan meluncur ke bawah cerobong asap dan meninggalkan hadiah, menyegarkan dirinya dengan susu dan kue yang ditinggalkan oleh anak-anak.(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *