Covid-19 Kembali Naik Mulai Terapkan Protokol Kesehatan

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat akibat varian EG.5. Hal ini membuat warga bertanya-tanya apakah aman untuk berliburan jalan-jalan, terutama ke tempat ramai.

Melihat situasi ini, Ketua Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Dr. Sally Aman Nasution, mengingatkan masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
Menurutnya, warga harus menjaga kebersihan, jarak, dan menggunakan masker terutama di daerah-daerah yang kerumunan.

“Jaga jarak. Artinya mungkin kita berkumpul banyak-banyak gitu agak diturunkan lagi karena angka Covid-19 meningkat,” ujarnya, Senin (25/12/2023).
Ia pun mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker, terutama di tempat umum. Hal ini tidak hanya untuk melindungi diri dari risiko paparan virus Corona, tetapi juga melindungi kelompok rentan seperti orang berusia lanjut dan para pengidap komorbid.

“Kalau di tempat-tempat tertutup, berkumpul banyak, saya kira paling baik kita menjaga diri kembali. Apalagi kelompok-kelompok komorbid,” tegasnya.
Meskipun jumlah kasus COVID-19 diperkirakan akan naik, Dr. Sally Aman Nasution memastikan bahwa tingkat keparahan penyakit tidak setinggi gelombang sebelumnya. Ia menyarankan warga yang sudah merencanakan liburan untuk memperhatikan hal ini dan menghindari kerumunan terlalu ramai.

“Tapi hindari kerumunan terlalu ramai, dan pakai masker itu penting sekali,” pungkasnya dengan tegas.
Memperhatikan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat menjadi hal yang sangat penting di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.
Dengan menjaga diri sendiri dan orang lain, kita dapat membantu memutus rantai penyebaran virus Corona dan memperkecil risiko terpapar. (Admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *