Vaksin Covid Dikenakan Biaya Mulai 1 Januari 2024

Comment
X
Share

POSKOTA.TV — Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengatakan vaksin Covid-19 akan berbayar mulai 1 Januari 2024 mendatang.
“Betul (bayar 1 Januari), sesudah 31 Desember vaksin mulai bayar,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/12).
Namun, Ani belum mengetahui rincian biaya untuk setiap dosis vaksin. Menurutnya, Dinkes DKI saat ini tengah menunggu keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Belum ada sampai sekarang. Mungkin akan dilepas ke mekanisme pelayanan biasa, seperti bukan vaksin program. Sekarang kan ada vaksin program yang tidak berbayar, ada juga vaksin yang bukan vaksin program. Tapi kita tunggu regulasi Kemenkes seperti apa,” ujarnya.

Ani menyampaikan ada beberapa kelompok tertentu yang dibebaskan dari biaya vaksinasi, seperti lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan lainnya.
“Vaksin Covid-19 berbayar kecuali ada kelompok tertentu yang diberikan free, kelompok gangguan imunosupresan, lansia kalau tidak salah, ada beberapa kelompok diberikan kebebasan tapi masyarakat lain berbayar,” ucap Ani.

Ani mengatakan stok vaksin Covid-19 hingga kini masih cukup. Ia mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 guna mewaspadai lonjakan kasus di Natal dan tahun baru.
“Vaksinasi Covid-19 kita buka sampai 31 Desember di semua puskesmas bisa akses. Beraktivitas saja seperti biasanya. Kalau memang perlu menggunakan masker karena kesehatan kurang, silakan pakai masker. Yang penting kondisi badan harus fit,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa pemerintah masih menggodok sejumlah aturan dan penyesuaian terkait harga jelang kebijakan vaksin berbayar awal tahun depan.
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut nantinya vaksin berbayar akan tersedia dalam sejumlah merek yang telah mengantongi izin edar dari BPOM.(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *