Gempabumi Berkekuatan M5,5 Guncang Tasikmalaya

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Pangandaran diguncang gempa bumi pada 28 Desember 2023. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini terasa hingga Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono mengatakan kejadian dan parameter gempabumi terjadi di wilayah Selatan Garut-Tasikmalaya, Jawa Barat diguncang gempabumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,18° LS ; 107,79° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 Km arah Barat Daya Kab. Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 41 km,” utara Daryono.
Ia mengutarakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia (intraplate earthquake ). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser-naik (oblique-thrusting fault).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), daerah Cilacap, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur, Pangandaran dengan skala intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ) dan daerah Bandung, Bogor dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. (ADMIN)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *