Bencana Longsor, PJ Bupati Purwakarta Sidak Langsung Lokasi Musibah

Comment
X
Share

POSKOTA.TV – Pasca bencana longsor Gunung Ananga Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan melakukan peninjauan sidak langsung dan menemui warga terdampak longsor Gunung Anaga di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jumat, (5/1/2024)

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Purwakarta, sebanyak 19 KK mengungsi di SDN 2 Sukamulya, 133 Kepala Keluarga (KK) RT 08 RW 04 yang mengungsi ke luar kampung, 67 KK RT 07 RW 04 dan 140 KK RT 16 RW 04 yang mengungsi akibat bencana longsor Gunung Anaga.

“Demi keselamatan dan keamanan, saya mengajak kepada masyarakat yang ada di sekitar titik longsor untuk turun mengungsi ke tempat yang lebih aman,” kata PJ Bupati Purwakarta Benni Irwan, saat melakukan peninjauan sidak langsung ke titik longsor, Jumat, 5 Januari 2024.

Benni menyebutkan, pihaknya saat ini fokus melakukan evakuasi baik orang atau pun barang, selanjutnya akan melakukan pembersihan dan normalisasi fasilitas umum yang terdampak.

Sementara penanganan, penanggulangan secara berkelanjutan akan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama.

“Ada beberapa titik longsor, di titik ini tinggi longsoran sekitar 400 mdpl, untuk akses jalan yang tertutup masih dalam proses normalisasi temen-temen dilapangan,” katanya.

Sedangkan terkait jumlah kerusalan pihak Pemkab Purwakarta belum bisa memastikan karena proses identifikasi masih dilakukan, namun rumah yang terdampak cukup banyak di atas 500 rumah, sedangkan yang alami kerusakan masih proses pendataan.

“Ketinggian longsor 400 mdpl, untuk rumah banyak lebih dari 500 rumah, tapi untuk rumah yang tidak bisa di gunakan, rumah rusak berat, rumah rusak sedang dan ringan masih di data. Apakah nanti warga kembali ke rumah mereka saat ini atau berkenan relokasi kita tunggu perkembangan kondisi longsoran dan kesepakatan bersama. Jadi kita mengetahui apa yang harus kita lakukan,”pungkasnya (fuljo)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *