Kalahkan Vietnam 2-1 Timnas Diguyur Bonus

Comment
X
Share

Poskota.TV – Perjuangan laskar merah putih dalam menghadapi Vietnam di Piala Asia 2024 di Qatar berbuah manis. Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam. Atas kemenangan ini, anak asuh Shin Tae-yong bakal mendapat bonus.
Kemenangan tipis atas musuh bebuyutan Tim Garuda ini membuka peluang melangkah ke babak gugur. Nasib mereka bakal ditentukan laga terakhir kontra Jepang, Rabu (24/1/2024). Jika mampu kembali berjaya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dipastikan kembali menerima penghargaan.

“Sudah pasti kemenangan ini berbuah bonus. Akan lebih besar lagi kalau mengalahkan Jepang. Intinya, kita harus lebih disiplin untuk permainan selanjutnya. Jika tadi bisa bermain luar biasa, maka saya optimistis pasti bisa. Jangan lihat Jepang. Fokus bermain bagus,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir dilansir situs resmi federasi, Sabtu (20/1/2024).
Erick secara keseluruhan memuji performa timnas Indonesia saat menaklukkan Vietnam. Dia menyebut pemain memperlihatkan penampilan memuaskan.

“Ini yang saya mau, mainnya bagus dan menang. Saya juga nilai permainan tim stabil banyak kesempatan di depan yang memang terlewatkan, dan juga banyak penjaga gawang bagus. Saya ucapkan terima kasih kepada para pemain dengan semua perjuangan yang dilakukan,” ucap Erick.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo memuji penampilan Timnas Indonesia yang menorehkan kemenangan dengan skor 1-0 melawan Vietnam dalam laga kedua penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat malam (19/1/2024).
“Mainnya bagus sekali, mainnya bagus sekali,” kata Jokowi dalam keterangannya usai menghadiri HUT Ke-78 Muslimat NU di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Jokowi mengaku dirinya menyaksikan langsung pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam sampai tengah malam.
“Saya nonton pertandingan tersebut sampai jam 12 kurang. Mainnya bagus sekali,” kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.
Seperti diketahui, Timnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan perdana di Piala Asia 2023. Tim berjulukan Garuda itu menggebuk Vietnam 1-0 dalam matchday kedua babak penyisihan Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Gol semata wayang Timnas Indonesia dicetak oleh kapten tim Asnawi Mangkualam lewat eksekusi penalti pada menit ke-42. Adapun tim lawan harus bermain dengan 10 pemain setelah gelandang, Le Pham Thanh Long mendapatkan kartu merah di pengujung laga.
Terkait jalannya pertandingan antar dua tim, Shin Tae-yong melihat Asnawi punya kepercayaan diri cukup bagus untuk menunaikan tugas mengambil penalti. Pemain Jeonnam Dragons ini juga memiliki feeling terhadap bola, yang membantunya mengeksekusi si kulit bundar dengan maksimal.

“Saya pikir Asnawi lebih percaya diri, meski belum mencetak gol sebelum pertandingan,” ucap Shin Tae-yong selepas kemenangan timnya atas Vietnam, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.
“Ia merasa baik dan sangat menguasai bola. Beruntung Asnawi menendang penalti dengan benar, (sehingga) mampu membawa kemenangan buat kami,” tambahnya.

Terlepas dari keberhasilan Timnas Indonesia menaklukkan Vietnam, Shin Tae-yong menilai anak-anak asuhnya masih punya kekurangan untuk diperbaiki.
Skuad Garuda, yang memiliki rata-rata usia muda, dianggap belum terlalu berpengalaman, sehingga sulit mengantisipasi perubahan taktik The Golden Star Warriors di babak kedua.
“Timnas Indonesia adalah tim muda, sehingga ada kekurangan pengalaman bermain. Itulah sebabnya kinerja mereka di kedua babak berbeda,” tutur Shin Tae-yong pasca pertandingan Piala Asia 2023.

“Vietnam mengubah taktik di babak kedua dan bermain lebih baik. Pemain saya memang masih kurang berpengalaman, tetapi mereka sangat berkomitmen, ingin menang, dan dengan segala cara berupaya menjaga skor,” katanya lagi.
Di pertandingan terakhir, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada Rabu (24/1/2024) malam, sekitar pukul 18.00. Indonesia diprediksi akan tampil maksimal dalam menghadapi salah satu negara kuat sepak bola di Asia ini. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *