Aplikasi Sirekap Alami Kendala, Proses Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Purwakarta Terhambat

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Gara gara aplikasi sistem informasi rekapitulasi suara (Sirekap) mengalami kendala Proses penghitungan suara hasil Pemilu 2024 hampir di seluruh daerah tertunda tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat terhambat akibat lambannya aplikasi di komisi pemilihan umum (KPU) ini.

Pada prakteknya, aplikasi Sirekap yang dikeluarkan oleh KPU RI malah mengalami kendala di sejumlah TPS, khususnya di Kabupaten Purwakarta yang mengakibatkan terhambat dan lambatnya penghitungan suara hasil Pemilu 2024.

“Beberapa TPS mengalami kendala error pada saat menggunakan aplikasi Sirekap, sehingga proses penyelesaian penghitungan suara mengalami keterlambatan,” ujar Komisioner Panwascam Kecamatan Purwakarta, Siswanto kepada wartawan, Senin (19/2/2024) sore

Menurut penanggungjawab pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di Kecamatan Purwakarta Kota itu, selain error yang mengakibatkan penghitungan lambat dan pembacaan data hasil.

Sirekap juga mengalami kekeliruan yang mengakibatkan perubahan perolehan angka pada calon tertentu, yang seharusnya 084 namun terbaca 984.

“Banyak pengawas TPS kami yang menemukan adanya kekeliruan pembacaan Sirekap,” kata Siswanto

Namun, tentu hal ini dapat ditangani pada saat rekapitulasi di kecamatan.

“Gak masalah, selama hal itu dapat diketahui oleh para saksi dan pengawas, dan dapat langsung diperbaiki angkanya di aplikasi Sirekap secara manual,” ujarnya.

Diketahui bahwa aplikasi Sirekap error tersebut berlanjut sampai pleno kecamatan, sehingga pleno ditunda sampai dengan tanggal 20 Februari 2024 mendatang.

“Iya betul pleno ditunda sampai paling lambat tanggal 20 Februari, tapi kami tetap akan melakukan pengawasan pada logistik di lokasi tempat pleno rekapitulasi digelar,” ucap Siswanto.(fuljo)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *