Warga DKI Bisa Aktivasi Ulang KTP

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI, Budi Awaluddin menyebutkan, warga Jakarta berdomisili di luar derah dapat kembali mengaktifkan (reaktif) NIK KTP apabila terdampak penonaktifan.

Pengaktifan NIK KTP kembali, dapat dilakukan di kantor kelurahan terdekat dengan syarat dan ketentuan seperti memiliki rumah tinggal di DKI Jakarta.
“Jika reaktivasi NIK KTP dilakukan tanpa adanya perubahan alamat, maka akan dilakukan verifikasi atau survei lapangan dengan membuat berita acara,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Sabtu (2/3).

Jika warga tersebut terbukti memiliki rumah tinggal di Jakarta dengan alamat berbeda, akan dilakukan penyesuaian dan pengubahan data di dokumen kependudukan. Setelah itu, petugas akan berkoordinasi dengan ketua RT/RW untuk melakukan verifikasi lapangan dengan meninjau alamat penduduk.
“Namun, jika data sudah benar, lurah akan membuat surat ke suku dinas untuk melakukan reaktivasi,” kata Budi.

Adapun, verifikasi ulang NIK warga yang dinonaktifkan dapat dilakukan di loket-loket pelayanan Dukcapil di kelurahan masing-masing. “Petugas akan menerima, (memverifikasi, dan memvalidasi berkas-berkas serta permohonan data penduduk,” pungkas Budi.
Dukcapil DKI Jakarta berencana memulai penonaktifan NIK warga yang tidak lagi tinggal di Ibu Kota pada Maret 2024. Namun, pelaksanaan penataan data kependudukan ini kemudian ditunda.

Budi Awaluddin menjelaskan, penonaktifan NIK warga Jakarta yang kini tidak lagi tinggal di Ibu kota bakal dilaksanakan setelah keluar penetapan hasil Pemilu 2024.
“Iya kami masih menunggu pengumuman resmi Pemilu. Jadi belum bulan Maret ini,” ujar Budi. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *