Air Sungai Meluap, Murid SDN 1 Cibeureum Diliburkan

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Sekolah Dasar Negeri 1 Cibeureum di Desa Gubugan Cibeureum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak terendam banjir. Banjir ini terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Lebak sehingga Sungai Cibeureum meluap, Pada Kamis, 2 Mei 2024.
Akibat terendam banjir, empat ruangan di sekolah itu yakni ruangan perpustakaan dan tiga ruang kelas terendam banjir. Dengan ketinggian air sekitar 30 sampai 60 centi meter, bahkan air juga memasuki ruangan perpustakaan sekolah sehingga mengakibatkan sebagian buku di perpustakaan kebahasan.

Kepala Sekolah SDN 1 Cibereum, Kecamatan Maja, Lebak, Nuri Susanti mengungkapkan, ketinggian air yang merendam sekolahnya kurang lebih setinggi satu meter.
Diakuinya, banjir yang merendam sekolah tersebut merupakan luapan air Sungai Cibereum yang terjadi sejak tadi malam hingga siang hari tadi.
“Karena sekolah terendam banjir, pada akhirnya aktivitas KBM dan lainnya terganggu. Karena air bah merendam sekolah cukup tinggi,” ungkapnya.
Dikatakannya, air sungai meluap dipicu karena hujan cukup deras yang terjadi semalaman, akibatnya gedung sekolah terendam banjir.

“Volume air melebihi kapasitas, sehingga meluap ke permukaan, dampaknya sekolah kami terendam,” katanya.
Menurutnya, karena kondisi darurat akhirnya kegiatan belajar mengajar diliburkan. Soalnya sekolah tidak memungkinkan untuk dapat digunakan aktivitas.
“Kegiatan KBM hari ini diliburkan, tapi tetap memberikan tugas kepada masing-masing anak di rumah,” ujarnya.

Nuri menambahkan, saat ini pihak sekolah akan terus melakukan pemantauan di sekolah, agar barang-barang di sekolah tidak terendam. Mengingat cuaca saat ini masih turun hujan.
“Jika situasi banjir terus tinggi, mala kami pun akan mengevakuasi barang-barang dan dokumen penting di sekolah,” tuturnya. (admin).

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *