Nadiem Resmi Batalkan Kenaikan UKT

Comment
X
Share

POSKOTA.TV– Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan rencana kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) dibatalkan. Hal itu disampaikan usai Nadiem bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Nadiem mengaku telah mendengar keluhan dari berbagai pihak dan berkomitmen untuk mengevaluasi ulang kenaikan UKT di berbagai perguruan tinggi negeri. Ia menegaskan bahwa untuk tahun ini, tidak ada mahasiswa yang akan terdampak oleh kenaikan UKT tersebut.

“Untuk tahun ini tidak ada mahasiswa yang akan terdampak dengan kenaikan UKT tersebut,” kata Nadiem usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5).
Kemendikbudristek juga akan mempertimbangkan satu per satu permintaan perguruan tinggi negeri untuk menaikkan UKT di masa mendatang. Nadiem menekankan bahwa kenaikan UKT harus dilakukan dengan hati-hati dan berdasarkan asas keadilan serta kewajaran.

“Kalaupun ada kenaikan UKT harus dengan asas keadilan dan kewajaran dan itu yang akan kita laksanakan,” ujarnya.
Sebelumnya, kenaikan tarif UKT telah memicu polemik di berbagai perguruan tinggi negeri. Mahasiswa di beberapa kampus bahkan menggelar unjuk rasa menolak kenaikan UKT.
DPR telah memanggil Nadiem untuk menjelaskan ke mana anggaran sebesar Rp665 triliun akan digunakan. Hal ini bertujuan agar masyarakat memahami fungsi pendidikan dan langkah yang diambil oleh Kemendibudristek untuk mengatasi mahalnya biaya pendidikan.(admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *