Mata Lelah, Cegah dengan Cara Mudah Berikut

Comment
X
Share

POSKOTA.TV-Meski mata lelah memang tidak berbahaya dan akan membaik sendiri setelah istirahat, namun ada baiknya kondisi ini tidak dibiarkan begitu saja. Apalagi buat kamu yang memang sehari-hari harus berkutat dengan layar komputer atau smartphone karena tuntutan pekerjaan.
Oleh karena itu, kamu harus ketahui apa saja cara mencegah dan mengatasi mata lelah yang bisa dilakukan di rumah. Mata lelah adalah gangguan yang terjadi akibat mata yang digunakan dalam jangka waktu lama tanpa istirahat.

Selain terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone, mata lelah juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti mengendarai kendaraan dengan jarak yang jauh atau melihat cahaya yang terlalu terang.

Pada beberapa kondisi, penggunaan mata secara terus-menerus memang tidak dapat dihindari, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan. Namun, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk dapat mencegah mata Lelah. Beberapa di antaranya yakni:

Atur pencahayaan dan posisi layar komputer.
Atur pencahayaan ruangan.
Istirahatkan mata secara berkala.
Lakukan perawatan mata secara rutin.
Pilih kacamata atau lensa kontak yang tepat

Jika kondisi mata lelah sudah tidak bisa lagi dicegah, ada beberapa cara untuk mengatasinya agar kondisinya tidak semakin memburuk, antara lain:

Tutup mata dan pijat bagian pelipis selama beberapa menit untuk mengurangi rasa lelah pada mata.
Tingkatkan resolusi layar komputer dan kurangi pencahayaan ruangan.
Atur jarak, kontras, dan ukuran huruf pada smartphone.
Alihkan pandangan dari layar komputer atau gawai selama beberapa saat.
Regangkan tangan, kaki, bahu, dan punggung untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh.
Gunakan obat tetes mata atau kompres hangat untuk mengatasi mata kering yang disebabkan oleh kelelahan.

Selain itu, penggunaan produk alami seperti minyak ikan dengan asam lemak omega-3 atau ekstrak bilberry dipercaya dapat mengurangi gejala mata lelah. Namun, hal ini masih membutuhkan pembuktian secara ilmiah.

Sebagai obat yang paling mujarab, kamu bisa meluangkan waktu sejenak di sela aktivitas yang dilakukan untuk mengistirahatkan mata. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *