Dinilai Tidak Becus Tegakkan Hukum dan Mengurus Daerah, LSM Penjara Indonesia Gerudug Kantor Kejari dan Pendopo Majalengka

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Puluhan anggota LSM Penjara Indonesia memulai aksi unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Majalengka pada Kamis,( 13/6/2024), pukul 10.00 WIB. Mereka menuntut penanganan yang lebih serius dari Kejari terhadap kasus Kepala Desa Giri Mukti, yang meski berkasnya lengkap dan telah ditetapkan tersangka, tetap belum ditahan setelah empat tahun. Kritik tajam dilontarkan oleh DB Setiabudi terhadap kinerja penegakan hukum yang dianggap tidak serius.
“Padahal dari 4 tahun kita sudah menyerukan untuk ditangkap” Ucap DB Setiabudi
Unjuk rasa dimulai di Kantor Kejari Majalengka dengan fokus pada penuntutan penangkapan Kepala Desa Giri Mukti.

Aksi berlanjut ke gedung Inspektorat Kabupaten Majalengka dengan menanyakan netralitas ASN menjelang Pilkada 2024.

Diungkapkan kritik kepada PJ Bupati Majalengka atas kebijakan dan program yang dianggap hanya pencitraan.

Aksi di Pendopo Kabupaten Majalengka dan Kritik Terhadap PJ Bupati
Tidak berhenti di kedua tempat tersebut, aksi berlanjut ke depan Pendopo Kabupaten Majalengka. Di sana, masa aksi kembali menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap kinerja PJ Bupati Majalengka, khususnya mengenai program pembangunan infrastruktur dan pungli yang masih terjadi. DB Setiabudi menyoroti isu netralitas ASN dan baliho politik yang marak, merusak persaingan sehat dalam berpolitik.
“Kalau mau berkompetisi ya yang sehat yang baik dalam berpolitik” Seru DB.

Masa aksi mengkritik pembagian merchandise oleh PJ Bupati yang mencakup batik yang diklaim asli Majalengka, padahal asalnya dari Pekalongan.

Kritik ini menyoroti kurangnya apresiasi terhadap produk lokal dan transparansi dalam pemberian suvenir kepada masyarakat.

Sebagai refleksi dari aksi sebelumnya, LSM Penjara Indonesia berencana untuk mengumpulkan dukungan lebih besar dari masyarakat dengan mengumpulkan koin 500 perak. Kemudian, koin tersebut akan dipergunakan sebagai simbolisasi keinginan untuk ‘memulangkan’ PJ Bupati.

“Nanti kami akan mengajak masa mengumpulkan koin 500 perak (Rp 500) dimasukan ke kardus untuk memulangkan PJ Bupati” Ucap Eye.
Menurut pengurus DPD LSM Penjara Indonesia, aksi ini bertujuan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat secara lebih lantang dan aspiratif.

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *