Uji Emisi Tanggulangi Kualitas Udara Buruk

Comment
X
Share

POSKOTA.TV- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya menanggulangi kualitas produksi udara yang buruk.
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan upaya yang dilakukan diantaranya uji emisi kendaraan hingga watermist.
“DKI kan ada watermist, nanti ada pembatasan kendaraan, uji emisi,” kata Heru kepada wartawan, Rabu (19/6).

Terpisah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta telah menyiapkan langkah guna mengatasi polusi udara di Jakarta yang memburuk.
Langkah yang dilakukan DLH adalah mengembangkan sistem inventarisasi emisi yang lebih sistematis untuk memantau sumber-sumber polusi udara di Jakarta.
“Sistem ini memungkinkan pengumpulan data yang lebih baik tentang emisi dari berbagai sumber, termasuk kendaraan bermotor dan industr,” kata Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto.

Asep menerangkan, DLH DKI Jakarta memperketat pengawasan terhadap sumber emisi bergerak maupun tidak bergerak.
Selain itu langkah strategis lainnya, yaitu kerja sama lintas daerah, terutama daerah algomerasi Jakarta.
“Untuk itu, kami mendorong pemerintah daerah di sekitar Jakarta untuk lebih ketat dalam mengawasi industri di wilayahnya yang berpotensi mencemari udara di sana dan terbawa angin ke Jakarta,” tegas Asep.

Terkait penurunan kualitas udara yang terjadi akhir-akhir ini, Asep menjelaskan bahwa menurut hasil analisis model HYSPLIT dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang dilakukan oleh Tim Ahli IPB menunjukkan bahwa dalam dua hari terakhir, angin dominan berasal dari arah Timur dan Timur Laut.
HYSPLIT (Hybrid Single-Particle Lagrangian Integrated Trajectory) adalah model yang digunakan untuk mensimulasikan pergerakan dan penyebaran polutan di atmosfer, membantu dalam memahami sumber dan dampak polusi udara. (admin)

Read Also

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *